8 Waktu Terbaik Minum Air Putih, Termasuk Saat Bangun Tidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air putih (pixabay.com)

Ilustrasi air putih (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Air diperlukan untuk mempertahankan proses tubuh, tetap terhidrasi, dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan secara umum. Seseorang direkomendasikan minum air putih setidaknya 8 - 9 gelas sehari atau setara dengan 1500 - 2000 ml/hari agar kebutuhan mineral dalam tubuh terpenuhi. Meskipun penting untuk tetap terhidrasi sepanjang hari, ada beberapa contoh situasi yang akan memaksimalkan manfaat kesehatan dari konsumsi air. Untuk mendukung kesehatan, berikut tujuh waktu terbaik minum air putih.

1. Setelah bangun tidur

Tubuh Anda secara alami mengalami dehidrasi setelah tidur malam. Minum segelas air di saat bangun tidur membantu tubuh Anda mengisi kembali cairan, mempercepat metabolisme, dan menyiapkan Anda menjalani hari.

2. Sebelum makan

Minum segelas air sebelum makan akan membantu mengurangi rasa lapar dan mendorong pengendalian porsi, sehingga lebih mudah menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, minum banyak air sebelum makan akan meningkatkan kesehatan pencernaan dan penyerapan nutrisi secara maksimal.

3. Saat makan

Dengan melembapkan makanan dan membantu pemecahan nutrisi, minum air saat makan membantu proses pencernaan. Namun, hindari minum terlalu banyak air sebelum atau sesudah makan karena dapat melemahkan asam lambung dan menyebabkan masalah pencernaan.

4. Sebelum berolahraga

Tetap terhidrasi sebelum berolahraga sangat penting untuk menghindari dehidrasi dan menjaga daya tahan dan kinerja. Untuk menjamin Anda tetap terhidrasi dengan baik selama berolahraga, usahakan minum segelas air setidaknya setengah jam sebelumnya.

5. Saat berolahraga

Minum air secara teratur membantu menggantikan cairan yang hilang melalui keringat saat melakukan olahraga yang lama atau berat. Saat berolahraga, minumlah air setiap 15 hingga 20 menit agar tetap terhidrasi dan mempertahankan performa.

6. Setelah berolahraga

Menghidrasi sebelum, selama, dan setelah aktivitas fisik sama pentingnya dengan melakukan rehidrasi setelahnya. Konsumsi air membantu tubuh pulih dan pulih setelah berolahraga dengan merehidrasi otot dan mengganti cairan yang hilang.

7. Sebelum Tidur

Minum air sebelum tidur dapat membantu menghindari dehidrasi di malam hari dan mendorong tidur nyenyak. Di sisi lain, perhatikan berapa banyak cairan yang Anda konsumsi tepat sebelum tidur untuk mencegah seringnya ke kamar mandi mengganggu tidur Anda.

Sangat penting untuk memperhatikan sinyal haus tubuh Anda dan minum air putih kapan pun Anda merasakannya sepanjang hari, selain waktu yang ditentukan. Pertimbangkan bagaimana cuaca, tingkat aktivitas fisik, dan kesehatan Anda secara umum dapat memengaruhi kebutuhan Anda akan air.

8. Sakit Kepala

Dehidrasi bisa memicu sakit kepala hingga serangan migrain. Dikutip dari National Headache Foundation, asupan air dapat mengurangi sakit kepala dan mengurangi durasi migrain.

Pilihan Editor: Minum Air Putih Bisa Jadi Faktor Anak Stunting? Ini Kata Dokter

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."