Ahli Jelaskan Manfaat Minum Air untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi minum air mineral. Shutterstock

kecantikan

Ahli Jelaskan Manfaat Minum Air untuk Kesehatan Kulit

Rabu, 19 Juni 2019 19:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak rahasia untuk mendapatkan kulit yang sehat,  dan bercahaya. Salah satunya adalah dengan minum banyak air. Bahkan beberapa selebriti juga memasukkan air dalam rangkaian perawatan kulitnya, seperti Hailey Baldwin, Helen Mirren, dan Beyonce.

Baca juga: Pentingnya Serum Vitamin C dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Tapi, jika kamu saat ini langsung ingin menenggak banyak air untuk mendapatkan kulit yang kamu impikan, sebaiknya tahan dulu. Pasalnya menurut, Dermatologist Mona Gohara air bukan rahasia untuk mengatasi semua masalah kulit.

“Ya, betul kulit Anda bisa berfungsi baik karena terhidrasi dengan baik, karena ini adalah organ, tapi tidak seperti air yang Anda minum, akan langsung masuk ke pori-pori Anda untuk menyembuhkan jerawat Anda atau menghilangkan keriput,” ujarnya seperti dikutip dari Marie Claire. Meski begitu air tetap memiliki fungsi untuk kulit.

Ilustrasi kulit cerah. Shutterstock

Mona Gohara menambahkan pada akhir hari, penghalang kulit akan berfungsi lebih baik bila sudah terhidrasi dengan baik, dan akan menjadi lebih buruk bila mengalami dehidrasi. Kecuali jika Anda mengalami dehidrasi berat, menenggak satu ton air tidak akan tiba-tiba membuat kulit bercahaya seperti model yang sempurna, dan pasti tidak akan berdampak pada jerawat atau keriput Anda. “Mungkin akan membuat kulit Anda terlihat sedikit lebih sehat dan lembut. Jangan mengharapkan keajaiban, "kata Gohara.

Para model, selebriti atau mungkin teman-teman yang baru mulai meningkatkan asupan air mereka, jika diperhatikan sebagian besar dari mereka telah membuat perubahan besar lainnya dalam hidupnya. Seperti makan lebih sehat, berolahraga lebih banyak, dan mengurangi alkohol.

"Secara realistis, orang-orang yang mengaitkan kulit yang sempurna dengan air juga makan makanan yang tepat, menjalani gaya hidup yang lebih sehat, dan mengganti kopi dan soda dengan air, yang semuanya dapat mengurangi jerawat dan meningkatkan retensi air, sehingga membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih baik," ujar Gohara. Pada dasarnya segala hal yang Anda lakukan untuk kesehatan Anda akan memengaruhi penampilan kulit Anda lebih dari sekadar manfaat air untuk kulit.