10 Tips Makan yang Menyenangkan dan Seimbang dari Koki Divya Alter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Divya Alter, koki dan pendiri Bhagavat Life dan Divya's Kitchen, sebuah restoran Ayurveda di Manhattan, New York. Foto: Instagram/@divyaalter.

Divya Alter, koki dan pendiri Bhagavat Life dan Divya's Kitchen, sebuah restoran Ayurveda di Manhattan, New York. Foto: Instagram/@divyaalter.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Divya Alter adalah koki dan salah satu pendiri Bhagavat Life dan Divya's Kitchen, sebuah restoran Ayurveda di Manhattan, New York. Dia dibesarkan di Bulgaria. Sejak kecil hal yang melekat padanya adalah bagaimana hubungannya dengan makanan.

“Saya tumbuh di sebuah rumah tangga yang selalu memiliki sebidang tanah, dan kami menanam berbagai jenis buah-buahan dan sayuran, bahkan hingga saat ini,” kata Alter, dikutip dari Healthline. “Kami sangat terkait erat dengan cara kami menanam makanan, cara kami mengawetkannya untuk musim dingin, dan cara kami memfermentasi kubis.”

Hubungan keluarganya dengan makanan yang mereka makan menjadi dasar bagi hubungan cinta Alter dengan makanan hingga dewasa.

“Saya sangat bersyukur atas hal ini karena tidak semua budaya memiliki hubungan yang erat dengan makanan,” kata Alter.

Ketika dia menemukan yoga saat remaja, Alter mulai mengeksplorasi pola makan nabati. Sebagai pekerja magang di dapur di ashram yoga, dia belajar cara memasak makanan nabati yang sehat sebagai imbalan atas kelas yoga.“Inilah cara saya jatuh cinta pada memasak dan makanan,” kata Alter.

Bagaimana makanan mendukung penyembuhan

Belakangan, Alter tinggal di India selama lima tahun dan mengenal Ayurveda, pengobatan tradisional India. Dia bercerita tentang bagaimana dia pertama kali mendekati seorang dokter Ayurveda dengan pola pikir Barat.

“Saya akan pergi ke dokter Ayurveda dan berkata, oke, berikan saya jamu apa pun yang saya butuhkan, dan dia akan berkata, 'Ya, saya akan memberi Anda jamu, tapi sebelum itu, berikut adalah daftar makanan yang baik untuk kesehatan kamu sekarang,'” dia berbagi.

Hal ini membantu Alter memahami bagaimana makanan dapat mendukung penyembuhan. "Saya seperti, wow, beginilah cara makanan dapat digunakan sebagai obat," katanya.

Alter berbagi tentang pekerjaannya

Alter menghidupkan filosofinya ketika dia mulai mengajar kelas memasak di New York City pada tahun 2009, dan kemudian dengan buku masak pertamanya, “What to Eat for How You Feel: The New Ayurvedic Kitchen.”

Pada 2016, Alter membuka restoran nabati dengan layanan pesan-antar makanan bernama Divya’s Kitchen. Restoran ini dibuka di Lower East Side Manhattan.

Di sana, Alter menyajikan makanan musiman yang baru disiapkan dengan sentuhan Ayurveda.

Penawaran terbarunya termasuk buku masak tahun 2022 berjudul “Joy of Balance: Panduan Ayurveda untuk Memasak dengan Bahan Penyembuhan,” dan serangkaian lima Kelas Master online yang menyertai buku tersebut.

Ingin mempelajari prinsip makan sehat yang diterapkan Alter dalam buku masak dan menunya? Berikut tipsnya.

Tips Divya untuk makan seimbang

Pelajaran Alter dari studi Ayurveda dan pengalaman hidupnya menginformasikan cara dia memasak dan memakan makanan hari ini.

1. Tidak ada makanan yang baik atau buruk

Salah satu prinsip utamanya? Tidak ada makanan yang baik atau buruk.

“Segala sesuatu di alam dapat digunakan sebagai obat,” katanya. “Pertanyaannya adalah, apakah hal itu baik bagi Anda saat ini atau tidak?”

Jawabannya bisa bergantung pada cuaca, musim, dan juga musim kehidupan Anda.

“Tubuh kita perlu beradaptasi dengan semua perubahan ini, dan bagian dari adaptasi ini juga adalah mengadaptasi pola makan kita sehingga apa pun yang kita makan mendukung kondisi kita saat ini,” kata Alter.

Dia ingat jawaban yang selalu diberikan salah satu gurunya ketika ditanya, ‘Apakah ini baik untuk saya?’

“Jawabannya selalu, 'tergantung.' Itu tergantung pada apa yang Anda butuhkan saat ini,” kata Alter.

2. Makanlah makanan yang tubuh Anda katakan 'ya'

Saat diminta menjelaskan masakan di Divya’s Kitchen, Alter menjawab dengan pasti: “Kami menyajikan makanan yang menurut tubuh Anda ya.”

Itu berarti makanan yang lezat serta sangat bergizi dan memberi energi.

“Itulah alasan utama kami makan,” kata Alter. “Ini bukan hanya untuk hiburan. Itulah aspek kreatifnya, yang juga sangat penting. Namun jika hal tersebut tidak memberikan nutrisi yang mendalam bagi Anda, jika hal tersebut hanya menghibur Anda, Anda tidak akan merasa puas.”

Sebagai contoh, Alter menunjuk pada pengalaman umum yaitu merasa kenyang tetapi tidak puas. Dia mengatakan hal ini biasanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau rasa.

Selain menawarkan makanan yang sangat memuaskan, Alter juga berkomitmen terhadap makanan yang mudah dicerna. Dia menggambarkan efek keseluruhannya sebagai perasaan kenyang, tetapi tidak seperti Anda perlu tidur siang.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."