Waktu Terbaik Berolahraga untuk Menurunkan Berat Badan Menurut Pelatih

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Rahayu Saraswati mengunggah fotonya saat lari pagi di kawasan Bintaro pada 26 Agustus 2020. Politikus dari Partai Gerindra sekaligus keponakan Prabowo Subianto ini kerap menggunggah aktivitasnya saat berolahraga. Instagram/@Rahayusaraswati

Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Rahayu Saraswati mengunggah fotonya saat lari pagi di kawasan Bintaro pada 26 Agustus 2020. Politikus dari Partai Gerindra sekaligus keponakan Prabowo Subianto ini kerap menggunggah aktivitasnya saat berolahraga. Instagram/@Rahayusaraswati

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pakar kebugaran mengungkapkan waktu olahraga dapat mempengaruhi metabolisme Anda dan mendukung tujuan penurunan berat badan yang sehat. Bagi Anda yang suka bangun pagi atau suka tidur malam, penting untuk memahami bagaimana waktu olahraga dapat memengaruhi tujuan penurunan berat badan Anda.

Mempertahankan berat badan yang sehat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berolahraga antara jam 7 dan 9 pagi adalah yang terbaik untuk membantu pengelolaan berat badan. Tapi bagaimana jika kita tidak sempat berolahraga di waktu itu?

Apakah tetap bisa menjaga berat badan yang sehat jika berolahraga di sore hari? Kapan waktu terbaik berolahraga untuk menurunkan berat badan? Berikut penjelasannya dikutip dari Eating Well.

Waktu Latihan dan Penurunan Berat Badan

Waktu berolahraga dapat berdampak signifikan terhadap metabolisme Anda, yang memainkan peran penting dalam penurunan berat badan. Metabolisme Anda adalah proses di mana tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi.

Olahraga pagi telah terbukti membantu meningkatkan metabolisme Anda dan menjaganya tetap tinggi sepanjang hari. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kalori terbakar selama dan setelah berolahraga. Namun, faktor terpenting dalam waktu berolahraga Anda adalah menjaganya tetap konsisten.

“Waktu terbaik untuk menurunkan berat badan adalah waktu yang dapat Anda pertahankan dalam jangka panjang,” kata TJ Mentus, CPT, pelatih pribadi bersertifikat di Garage Gym Reviews. Salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan penurunan berat badan Anda adalah defisit kalori yang sehat, yang berarti mengonsumsi lebih sedikit kalori harian daripada yang dibakar tubuh Anda.

“Berolahraga membantu menciptakan defisit ini dengan membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi,” tambah Mentus.

Manfaat Olahraga Pagi

Sebuah penelitian kecil yang hanya melibatkan peserta laki-laki menemukan bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari sebelum sarapan membakar lemak dua kali lebih banyak dibandingkan mereka yang berolahraga setelah sarapan. Itu karena ketika Anda berolahraga sambil berpuasa, Anda memiliki kadar insulin yang lebih rendah, yang membantu tubuh Anda untuk membakar lebih banyak lemak.

Temuan ini menunjukkan bahwa olahraga pagi sebelum sarapan dapat membantu tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi dan mendukung penurunan berat badan yang sehat.

1. Semoga Membantu Anda Menjadi Lebih Konsisten

Banyak orang merasa bahwa olahraga pagi lebih mudah dilakukan karena kecil kemungkinannya terganggu oleh komitmen atau gangguan lain yang mungkin muncul di kemudian hari. Data menemukan bahwa olahraga pagi yang teratur dapat menyebabkan olahraga lebih sering dan mendukung penurunan berat badan lebih baik daripada berolahraga di sore hari.

Mike Masi, CPT, pelatih pribadi bersertifikat di Garage Gym Reviews, mengatakan olahraga pagi hari memudahkan Anda menjalani rutinitas saat memulai hari dengan rutinitas tersebut. "Jika menunggu hingga sore hari, mungkin ada kewajiban lain yang menghalangi Anda untuk berolahraga, atau Anda mungkin merasa terlalu lelah sepanjang hari. Anda dapat merencanakan untuk berolahraga di pagi hari sebelum melakukan hal lain."

2. Dapat Meningkatkan Mood dan Tingkat Energi Anda

Aktivitas fisik merangsang pelepasan endorfin, neurotransmiter yang membantu meringankan stres dan kecemasan. Selain itu, paparan cahaya alami saat olahraga pagi dapat mengatur ritme sirkadian Anda, sehingga menghasilkan kualitas tidur dan suasana hati yang lebih baik.

Melakukan olahraga pagi di luar ruangan atau menggunakan lampu terang pencahayaan dalam ruangan untuk menyimulasikan cahaya alami jika memungkinkan akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak manfaat ini.

3. Dapat Mendukung Tujuan Penurunan Berat Badan Anda

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa olahraga pagi hari meningkatkan kesehatan kardiometabolik dengan mengurangi lemak perut dan tekanan darah pada wanita, sementara pria merasakan manfaat ini ketika berolahraga di sore hari.

Karena penelitian ini dilakukan dalam sampel kecil, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hasil ini.

Meskipun demikian, mengatur waktu berolahraga saja bukanlah jaminan solusi untuk menurunkan berat badan. Mempertahankan pola makan seimbang dan rutinitas olahraga yang konsisten sangat penting untuk mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

Manfaat Olahraga Sore atau Malam

Penelitian menunjukkan bahwa kinerja fisik mencapai puncaknya pada sore atau awal malam. Hal ini karena suhu inti tubuh Anda lebih tinggi di sore hari, otot Anda lebih fleksibel, dan kekuatan genggaman tangan Anda lebih tinggi. Hasilnya, olahraga sore atau malam hari memungkinkan Anda tampil lebih baik selama berolahraga, membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan.

“Pada sore atau sore hari, tubuh lebih terjaga dan fleksibel. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kalori yang dibakar baik melalui intensitas yang lebih tinggi atau kemampuan bekerja lebih lama,” kata Mentus.

1. Dapat Meningkatkan Kekuatan Otot Anda

Meskipun olahraga pagi hari dapat membantu mengurangi lemak perut, olahraga sore hari dapat meningkatkan kinerja otot pada wanita, berdasarkan sebuah penelitian kecil. Penelitian lain mengamati bahwa peserta yang berolahraga di sore hari mengalami peningkatan kekuatan dan kekuatan otot yang lebih signifikan dibandingkan dengan mereka yang berolahraga. di pagi hari.

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Jadwal, preferensi, dan tubuh setiap orang merespons secara berbeda terhadap waktu olahraga. Bagi sebagian orang, olahraga di pagi hari memberikan energi dan dapat memberikan suasana positif untuk hari itu. Orang lain mungkin mendapati bahwa berolahraga di sore hari membantu mereka melepas lelah dan menghilangkan stres setelah hari yang melelahkan.

Itulah mengapa penting untuk bereksperimen dengan berolahraga pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk melihat mana yang terbaik bagi Anda dan gaya hidup Anda.

Berikut faktor pribadi lain yang perlu dipertimbangkan, menurut Masi:

Jadwal: Jadwal dan kewajiban harian Anda dapat menentukan kapan Anda punya waktu untuk berolahraga.

Preferensi Pribadi: Beberapa orang lebih memilih olahraga pagi hari untuk memulai hari mereka, sementara yang lain menganggap olahraga malam lebih menyenangkan. Jika Anda tidak yakin mana yang lebih Anda sukai, cobalah keduanya dan lihat mana yang lebih cocok untuk Anda.

Tingkat Energi: Perhatikan kapan Anda biasanya memiliki energi paling banyak sepanjang hari, karena hal ini dapat berdampak signifikan terhadap kinerja latihan Anda.

Pola Tidur: Pola tidur alami Anda, atau kronotipe, dapat mempengaruhi kapan Anda memiliki energi paling banyak dan memengaruhi performa olahraga Anda.

Kesimpulan 

Waktu terbaik berolahraga untuk menurunkan berat badan bergantung pada preferensi, jadwal, dan tingkat energi Anda. Meskipun olahraga pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme dan suasana hati, olahraga sore atau malam hari dapat meningkatkan kinerja atletik dan kekuatan otot.

Pada akhirnya, temukan waktu untuk berolahraga yang dapat Anda lakukan secara konsisten. Perhatikan perasaan Anda selama dan setelah latihan pada waktu yang berbeda dan pilih waktu terbaik untuk Anda. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: Tips Turunkan Berat Badan Sekaligus Menguatkan Otot Secara Bersamaan

EATING WELL

Hai Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."