Tips Turunkan Berat Badan Sekaligus Menguatkan Otot Secara Bersamaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi berat badan. Shutterstock

Ilustrasi berat badan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang mencoba menambah massa otot dan turunkan berat badan beberapa kilogram secara bersamaan. Meski tampak seperti tugas yang sulit, orang dapat menyelesaikan keduanya secara bersamaan jika mereka memiliki strategi dan komitmen yang tepat. Proses ini, yang disebut "rekomposisi tubuh", melibatkan pertumbuhan otot dan pengurangan lemak secara bersamaan. 

Inilah tips turunkan berat badan sekaligus menguatkan otot secara bersamaan 

1. Membangun massa otot

Prioritas Anda adalah pelatihan ketahanan dan mengonsumsi protein yang cukup jika Anda ingin menambah berat badan. Latihan ketahanan menurunkan lemak tubuh selain meningkatkan massa otot. 

Berolahragalah dengan tingkat intensitas yang lebih tinggi, dimulai dengan latihan dasar yang berfokus pada stabilitas dan bentuk tubuh yang baik. Waspadai latihan berlebihan; otot Anda membutuhkan waktu untuk rileks dan memulihkan diri. Di hari libur Anda, lakukan aktivitas ekstra seperti yoga atau bersepeda. Jadikan tidur dan pengurangan stres sebagai prioritas karena keduanya penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot.

2. Menghilangkan lemak tubuh dengan aman

Untuk menurunkan berat badan dengan aman, seseorang harus menciptakan defisit kalori sambil mengonsumsi makanan sehat. Perhatikan berapa banyak protein, karbohidrat, dan lemak yang Anda konsumsi; cobalah untuk meningkatkan asupan protein sambil menurunkan asupan lemak dan karbohidrat. 

Jika dikombinasikan dengan pelatihan ketahanan, strategi ini membantu menghilangkan lemak dan pertumbuhan otot. Seperti yang disarankan oleh profesional medis dari CDC AS, turunkan berat badan secara bertahap dan usahakan berat badan tidak lebih dari 1kg setiap minggu. Strategi jangka panjang ini menjamin Anda tidak akan kehilangan massa otot saat mencoba menurunkan berat badan.

3. Menyeimbangkan nutrisi dan olahraga

Sahabat terbaik Anda dalam hal menambah otot dan menghilangkan lemak adalah protein. Cobalah untuk memasukkan makanan tinggi protein ke dalam diet Anda untuk membantu membangun otot dan merasa kenyang. Produk susu, telur, ikan, unggas, dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik. Latihan ketahanan harus menjadi andalan dalam setiap program olahraga. Agar program Anda tetap seimbang, padukan dengan latihan lain seperti yoga atau kardio. Untuk hasil terbaik, tambahkan gerakan sendi tunggal dan multi sendi ke dalam rutinitas latihan ketahanan Anda.

4. Praktik latihan secara rutin

Untuk menerapkan semuanya, buatlah sirkuit latihan ketahanan menggunakan latihan seperti push-up, squat, dan plank. Usahakan untuk melakukan beberapa set dengan istirahat singkat di antaranya untuk memaksimalkan keterlibatan otot. Mulailah dengan beban kerja yang dapat dikelola dan secara bertahap tingkatkan intensitas seiring kemajuan Anda. Tetap berpegang pada rencana Anda, tetap disiplin dengan pola makan dan pola olahraga Anda, dan Anda akan segera melihat hasil kerja keras Anda membuahkan hasil.

Pilihan Editor: Asri Welas bagi Tips Turunkan Berat Badan, dari Pola Makan hingga Latihan Zumba

TIMES OF INDIA 

Hai Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."