Belanja, Kegiatan Favorit Wisatawan Indonesia di Singapura

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi belanja di bawah teriknya sinar matahari. Foto: Freepik.com

Ilustrasi belanja di bawah teriknya sinar matahari. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, kegiatan favorit wisatawan Indonesia saat liburan ke Singapura adalah belanja. Hal itu diutarakan oleh Executive Director, Southeast Asia Singapore Tourism Board, Terrence Voon.

"Belanja. Itu kegiatan paling banyak yang dilakukan orang Indonesia saat di Singapura," katanya kepada Tempo pada akhir April 2024 di Jakarta.

Untuk lebih memanjakan wisatawan Indonesia, Terrence berjanji akan lebih banyak memberikan promosi.

"Kami harap bisa promosi lebih banyak lagi brand dan perusahaan Singapura kepada wisatawan Indonesia. Sehingga mereka bisa memiliki petualangan belanja yang lebih seru," kata Terrence. 

Salah satu merk Singapura yang sangat popular di kalangan orang Indonesia adalah Beyond The Vines. Terrence mengatakan timnya akan memberikan kepada produk lokal Singapura untuk lebih disukai wisatawan Indonesia, khususnya anak muda Indonesia, yang menghabiskan waktu khusus untuk belanja di Singapura.

Wisatawan Indonesia Masih jadi Primadona

Wisatawan Indonesia masih menjadi primadona di industri pariwisata Singapura. Tercatat pada kuartal pertama 2024, Singapura telah menerima lebih dari 664 ribu pengunjung Indonesia. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 33,8 persen dibandingkan tahun lalu. Pada periode yang sama, pengunjung Indonesia menyumbang lebih dari 45 persen dari total pengunjung Singapura yang berasal dari Asia Tenggara.

Untuk menambah pengalaman menarik wisatawan Indonesia di Singapura, Singapore Tourism Board memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) melalui kerja sama dengan GDP Venture. Teknologi AI ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran sekaligus sendorong pertumbuhan pengunjung asal Indonesia ke Singapura. Kemitraan yang telah berjalan selama setahun terakhir ini menghasilkan terlaksananya kampanye inovatif yang menampilkan selebriti dan influencer ternama Indonesia melalui perusahaan media portofolio GDP Venture.

Kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture juga meliputi promosi akomodasi dan tiket penerbangan Singapura di perusahaan terafiliasi GDP Venture lainnya, yakni Tiket.com. Perpanjangan kemitraan ini juga akan menghadirkan elemen-elemen inovatif baru, termasuk pengenalan perencana perjalanan berbahasa Indonesia pertama yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), HolidAI Singapura.

Melalui platform AI ini, wisatawan Indonesia akan mendapatkan akses ke rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan durasi perjalanan mereka dan jumlah anggota keluarga yang ikut berwisata. HolidAI Singapura juga dapat memberikan rekomendasi yang tepat bagi wisatawan Muslim yang memiliki kebutuhan atas makanan dan minuman halal. Sebagai platform AI berbasis Bahasa Indonesia, HolidAI Singapura juga bertujuan untuk meningkatkan inklusivitas serta menfasilitasi pengalaman Singapura yang dapat diakses warga Indonesia.

Pilihan Editor: Traveling ke Singapura, Anya Geraldine Suka Wisata Kuliner dan Belanja

MITRA TARIGAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."