11 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan olahraga di rumah. Foto: Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi perempuan olahraga di rumah. Foto: Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesehatan fisik dan mental perlu menjadi prioritas bagi setiap orang karena ini adalah landasan kehidupan yang memuaskan. Dalam hal kesehatan fisik, langkah-langkah kecil dan konsisten akan membawa perubahan besar sekaligus peluang untuk membuat beberapa perubahan positif dalam hidup. Namun, terkadang kita mencoba mengubah segalanya sekaligus.

Faktanya, kadang-kadang semakin kita berusaha melakukan, semakin kita tidak mampu melakukan perubahan-perubahan ini dan segalanya menjadi buruk. Pikiran, tubuh, dan jiwa semuanya saling berhubungan, jadi kita perlu memelihara ketiganya untuk mencapai keseimbangan sejati dan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut tips dari Dokter Pramod Ravindra, CEO di Pro Physio Healthcare, untuk memasukkan olahraga dan latihan ke dalam rutinitas sehari-hari, bersama dengan kebiasaan sehat lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Terkadang bersikap egois tidak apa-apa. Sebelum Anda dapat membantu orang lain, Anda harus menjaga diri sendiri. Memprioritaskan perawatan diri sangat penting untuk membangun keseimbangan dalam hidup dan menjaga kebiasaan sehat.

2. Temukan Aktivitas yang Anda Suka

Temukan rutinitas olahraga yang membuat Anda gembira, baik itu menari, mendaki gunung, atau mencoba olahraga baru, melakukan apa yang Anda sukai membuat aktivitas tetap menyenangkan dan berkelanjutan.

3. Mulailah dari Latihan Sederhana, Bangun Secara Bertahap

Jangan membebani diri Anda dengan latihan yang intens sejak awal. Mulailah dengan sesi singkat dan secara bertahap tingkatkan intensitas dan durasi untuk menghindari kelelahan.

4. Konsistensi

Tetapkan jadwal olahraga harian atau mingguan dan patuhi itu. Konsistensi adalah kunci untuk membentuk rutinitas olahraga yang sehat dan memperoleh manfaat jangka panjang.

5. Lebih Banyak Bergerak

Carilah peluang untuk lebih banyak bergerak sepanjang hari Anda. Gunakan tangga, berjalan kaki atau bersepeda daripada berkendara jarak pendek, atau adakan pesta dansa mini sambil melakukan pekerjaan rumah.

6. Cari Teman Olahraga atau Gabung Kelas

Temukan teman berolahraga atau bergabunglah dengan kelas kebugaran kelompok untuk tetap termotivasi dan bertanggung jawab. Dukungan dan dorongan dapat membuat olahraga terasa seperti aktivitas sosial yang menyenangkan.

7. Pola Makan Sehat

Pilih makanan kaya gizi yang menyehatkan tubuh dan melengkapi tujuan kebugaran Anda. Pola makan yang seimbang mendukung tingkat energi dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Konsistenlah dengan waktu makan Anda.

8. Prioritaskan Istirahat dan Pemulihan

Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat dan memulihkan diri setelah berolahraga. Tidur berkualitas dan relaksasi sangat penting untuk perbaikan otot dan kesejahteraan secara keseluruhan. Kurang tidur secara teratur meningkatkan risiko berbagai penyakit dan gangguan.

9. Tetap Terhidrasi

Minumlah banyak air sepanjang hari untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dan berfungsi secara optimal. Hidrasi adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

10. Dengarkan Tubuh Anda

Dengarkan apa yang dikatakan tubuh Anda. Istirahatlah bila perlu, istirahatlah, dan dengarkan tanda-tanda kelelahan atau ketidaknyamanan. Tubuh Anda tahu yang terbaik!

11. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Rayakan pencapaian kecil sepanjang perjalanan. Menetapkan tujuan yang dapat dicapai membuat Anda tetap termotivasi dan memperkuat dampak positif dari upaya Anda.

Dr Pramod Ravindra menyimpulkan, “Salah satu cara terbaik untuk memprioritaskan kesehatan Anda adalah dengan bersikap baik pada diri sendiri. Rangkullah prosesnya dan buatlah komitmen seumur hidup terhadap kesehatan fisik, yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan kita. Ini memengaruhi pikiran, emosi, dan perilaku kita sehari-hari. Kesejahteraan fisik kita sangat penting untuk menjalani kehidupan yang memuaskan dan memuaskan.”

Pilihan Editor: 5 Rekomendasi Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Tiap Hari

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."