6 Tanda Anda Alami Kelelahan Emosional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com/Tirachardz

Ilustrasi wanita. Freepik.com/Tirachardz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika seseorang secara fisik terkuras dan lelah, hal itu terlihat jelas. Mereka lelah, berkeringat, tak bertenaga, dan yang lainnya. Namun, yang tidak bisa dilihat orang adalah kelelahan emosional yang sepenuhnya ada di dalam diri. Selama masa-masa ini, hanya orang yang terkuras emosinya yang dapat merasakan. Sayangnya, mereka mengabaikan tanda dan gejalanya hingga tidak dapat lagi diatasi! Berikut tanda kelelahan emosional yang tak boleh diabaikan dan cara memperbaikinya.

1. Lebih sensitif dalam situasi

Kelelahan emosional dapat membuat Anda merasa seperti sedang berjalan-jalan dengan saraf terbuka. Seseorang mungkin merasa lebih mudah kesal karena hal-hal yang biasanya tidak mengganggunya atau justru terlalu mengganggunya. Seolah-olah kondisi mental mereka seperti luka terbuka dan sesuatu yang kecil seperti bunyi mencicit akan terasa seperti merica pada luka itu. Dan pada saat-saat ini, sangat penting untuk menenangkan diri dan mengelola emosi.

2. Mudah tersinggung secara ekstrem

Meskipun tangisan dan kecemasan yang terus-menerus sangat terlihat, hal yang sering diabaikan orang adalah sifat mudah tersinggung yang ekstrem. Ketika seseorang terkuras secara emosional, mereka menjadi lebih mudah tersinggung dari biasanya. Hal-hal kecil yang biasanya tidak mengganggu mereka tiba-tiba menjadi gangguan besar dan mengakibatkan ledakan emosi. Sepertinya kesabaran mereka sudah habis.

Untuk membantu mengatasinya, cobalah melatih mindfulness dalam kehidupan sehari-hari Anda. Sebelum bereaksi, tarik napas dalam-dalam beberapa kali dan cobalah memahami mengapa Anda merasa sangat gelisah, lalu atasi masalah tersebut.

3. Tidak dapat berkonsentrasi

Kelelahan emosional dapat membuat otak Anda terasa seperti tertutup kabut. Kelelahan emosional membuat Anda sulit fokus pada tugas dan lebih sulit mengingat hal-hal kecil. Suatu saat Anda mengetik sesuatu dan saat lainnya Anda lupa kata apa yang harus diketik selanjutnya.

Meskipun hal ini bisa sangat menakutkan dan sulit, bukan tidak mungkin untuk mengatasinya. Lawan perasaan ini dengan membagi tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lebih mudah dikelola, dan tetapkan tujuan yang realistis untuk diri Anda sendiri, dan jangan lupa mengambil istirahat yang tepat.

4. Tidur sepanjang hari atau tidak sama sekali

Terkuras secara emosional berarti pola tidur yang buruk akan segera terjadi. Tidur Anda mungkin mulai terganggu dalam arti bahwa kadang-kadang Anda sulit tidur, atau Anda terbangun berkali-kali sepanjang malam, atau di hari lain Anda tidak bisa bangun dari tempat tidur. Ini adalah akibat dari kelelahan karena tubuh dan pikiran Anda terus-menerus berada dalam mode pertarungan atau lari.

Untuk mengatasi hal ini, sangat penting untuk memberi diri Anda waktu dan ruang. Jangan memaksakan diri Anda pada jadwal tidur, tetapi tanyakan pada tubuh dan pikiran Anda apa yang mereka butuhkan. Cobalah membaca buku, mandi air hangat, atau melakukan peregangan ringan sebelum tidur untuk sedikit merilekskan diri.

5. Kehilangan minat dalam beraktivitas

Tanda lain dari kelelahan emosional yang sering diremehkan adalah hilangnya minat pada hal-hal yang sebelumnya disukai orang tersebut. Hal-hal yang mendatangkan kegembiraan pada suatu waktu, mungkin tidak memiliki daya tarik yang sama lagi. Ini hampir seperti kesenangan Anda telah dihisap oleh monster kelelahan.

Namun meskipun pada awalnya Anda mungkin tidak menyukainya, cobalah untuk terhubung kembali dengan hobi tersebut dan bangkitkan semangat Anda. Terkadang, Anda perlu sedikit memaksakan diri daripada duduk terpuruk.

6. Stres emosional berubah menjadi kondisi fisik

Stres emosional, jika tidak ditangani, dapat berubah menjadi kelelahan fisik. Seseorang mungkin mengalami lebih sering sakit kepala, menangis, nyeri tubuh, hingga mual di perut. Jika Anda merasa ada yang tidak beres, segera bertindak. Beralihlah ke praktik perawatan diri dan bersikap baik serta penuh kasih kepada diri sendiri agar Anda tidak mengalami kelelahan.

Itulah sederet tanda kelelahan emosional yang tak boleh kita abaikan, Sahabat Cantika

Pilihan Editor: Untuk Memperkuat Keintiman Emosional, Ajukan 10 Pertanyaan Ini Setiap Minggu

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."