Kain Batik Sogan jadi Wastra Nusantara Favorit Alexandra Askandar, Ini Alasannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

Alexandra Askandar/Foto: Doc. Pribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar ternyata memiliki perhatian khusus pada Wastra Nusantara, hal itu bisa dilihat di nyaris semua kegiatannya Xandra -panggilan karibnya- kerap mengenakan kain batik, kebaya, kain ulos atau tenun. 

Kecintaan Xandra pada kain nusantara mencakup berbagai jenis, termasuk kain batik dan kain buatan tangan lainnya. "Saya percaya bahwa setiap kain memiliki keunikan dan kecantikan tersendiri, mencerminkan kreativitas tinggi, terutama yang dihasilkan oleh para perempuan atau ibu-ibu di berbagai daerah," ucap dia melalui keterangan tertulis kepada CANTIKA , Kamis, 14 Desember 2023.  

Xandra memiliki ketertarikan terhadap kain wastra nusantara, khususnya kain sogan batik. Keindahan dan keunikan motif serta corak yang terdapat dalam kain sogan sungguh memukau. Setiap pola dan warnanya mengandung makna mendalam dari warisan budaya indonesia, yang secara tak langsung memperkaya pengalaman saya dalam memahami nilai-nilai tradisional yang tercermin dalam karya seni tersebut. 

"Dari segi proses pun, pembuatan kain sogan dilakukan dengan penuh dedikasi. dengan demikian, setiap helai kain sogan tidak hanya merupakan produk tekstil biasa, melainkan juga sebuah karya seni yang bernilai tinggi dan memperjuangkan kelestarian budaya lokal," ungkapnya pada keterangan tertulis, Selasa, 16 April 2024. 

Batik Sogan sendiri merupakan salah satu jenis batik bernuansa klasik. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan batik ini  menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga. Batik Sogan klasik merupakan jenis batik yang identik dengan daerah keraton Jawa yaitu Yogyakarta dan Solo, motifnya pun biasanya mengikuti pakem motif-motif klasik keraton. Sogan Yogya dan Solo juga dapat dibedakan dari warnanya. Biasanya sogan Yogya dominan berwarna coklat tua-kehitaman dan putih, sedangkan sogan Solo berwarna cokelat-oranye dan cokelat. 

Warna klasik batik Sogan sendiri sarat dengan makna. Ini dijelaskan dalam Serat Wirid Hidayat Jati, warna kekuningan keemasan merupakan bagian dari simbol keraton bangsa burung, bangsa makhluk penerbang, warna lokus dari perjalanan rohani setelah tersingkapnya alam Siriyah. Corak warna tersebut merupakan simbol-simbol yang telah dikenal sebelum hadirnya Islam di tanah Jawa, dan dalam perkembangannya kemudian diolah kembali oleh para Wali Songo.

Wujud Nyata Mendukung Brand Lokal

Alexandra Askandar/Foto: Instagram/Alexandra Askandar

Alumnus Boston University, Amerika Serikat ini mengatakan salah satu wujud nyata dukungannya terhadap brand lokal adalah dengan memprioritaskan pembelian produk-produk lokal dan mendukung usaha kecil dan menengah di dalam negeri. 

"Saya percaya bahwa dengan memberikan dukungan langsung kepada brand lokal, kita dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi domestik, menciptakan lapangan kerja lokal, serta memperkuat identitas dan kebanggaan nasional," ucap dia. 

Selain dukungan personal, Bank Mandiri juga turut berperan dalam mendukung brand lokal melalui berbagai inisiatif, termasuk pendanaan dan program yang sesuai. Sebagai salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia, Bank Mandiri memiliki kesempatan besar untuk berkontribusi dalam memajukan usaha-usaha lokal di berbagai sektor.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Bank Mandiri adalah dengan menyediakan layanan
pendanaan yang mendukung pengembangan dan pertumbuhan brand lokal. Melalui program kredit dan pembiayaan, Bank Mandiri memberikan akses modal kepada para pelaku usaha lokal untuk mengembangkan produksi, meningkatkan kualitas produk, serta memperluas pasar mereka. Hal ini membantu brand lokal untuk menjadi lebih kompetitif dan berdaya saing di pasar domestik maupun internasional.

Pilihan Editor: Hari Kartini, Alexandra Askandar: Pentingnya Saling Mendukung Sesama Perempuan

UNIVERSITAS BRAWIJAYA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."