Kreasi Resep Es Kopi 10 Menit, Saatnya jadi Barista di Rumah Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kopi susu. Foto: Unsplash.com/Alberto Bogo

Ilustrasi kopi susu. Foto: Unsplash.com/Alberto Bogo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bukan rahasia lagi bahwa membeli kopi dari kafe atau drive-thru bisa menguras kantong. Rata-rata, harga satu es kopi bisa berkisar 20 ribu hingga 50 ribu tergantung pada ukuran minuman dan di mana minuman itu dibeli. Jika kamu membuatnya sendiri di rumah tidak hanya menghemat biaya, tetapi uga merupakan pilihan yang lebih sehat. Itu karena Anda tahu persis bahan apa yang Anda tambahkan ke dalamnya, dan bisa menghindari bahan-bahan seperti sirup manis, jika Anda mau.

Ketika Anda berpikir tentang es kopi terbaik yang pernah Anda miliki, kemungkinan besar itu hanya kualitas yang sangat baik, biji kopi bubuk dan air. Jadi mengapa Anda tidak bisa menirunya sendiri? Ikuti langkah-langkah sederhana dan tips cepat berikut tentang cara membuat es kopi di rumah dalam hitungan menit. 

Jika Anda menginginkan kopi segar dan berkualitas tinggi, selalu pilih sekantong biji kopi utuh. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, tapi sepadan; biji kopi mempertahankan minyak kaya rasa yang dilepaskan setelah digiling. Tidak ada perbandingan antara aroma dan rasa biji kopi utuh dengan biji kopi bubuk.

Hindari es kopi yang encer dengan membuat kopi kubus. Buatlah satu porsi tambahan es kopi dan isi nampan es batu untuk disimpan di dalam freezer. Gunakan kubus dalam minuman es pagi Anda sepanjang minggu. Beli pembuih susu genggam untuk menyempurnakan kreasi kopi Anda! Buat busa dingin kayu manis atau vanila dalam hitungan detik, atau manjakan diri Anda dengan es latte.

Kreasi Resep Es Kopi

Pitcher atau teko
Pembuih susu (opsional)
Nampan es batu (opsional)

Bahan:

Biji kopi utuh
Air
Susu pilihan Anda (opsional)
Pemanis (opsional)
Sirup rasa (opsional)

Cara Membuat:

1. Seduh kopi favorit Anda dalam teko besar. Bisa dengan rasa, campuran sedang, panggang dengan varian pa pun yang Anda suka. Sebagai catatan: Jika Anda tidak memiliki mesin pembuat kopi, gunakan salah satu metode berikut untuk menyeduh secangkir kopi.

2. Setelah kopi selesai diseduh, biarkan dingin di meja Anda selama sekitar 30 hingga 45 menit lalu pindahkan kopinya Jika Anda sedang terburu-buru, Anda bisa menunggu lima menit dan menuangkan kopi ke dalam teko, yang bisa Anda masukkan langsung ke dalam lemari es. 

Perlu diingat bahwa tergantung pada seberapa panas kopinya, hal ini dapat menyebabkan suhu di lemari es Anda turun untuk sementara. Es kopi buatan sendiri paling baik dikonsumsi dalam satu atau dua hari, tetapi jika Anda mengikuti tip di atas dan menggunakan kopi tambahan untuk membuat es batu kopi, es kopi tersebut akan tetap segar di freezer Anda selama sekitar dua bulan.

Sesuaikan kopi Anda sesuai keinginan hati Anda. Nikmati es kopi hitam Anda, atau tambahkan susu, pemanis, atau perasa yang dibeli di toko hingga jadi varian es kopi susu yang sesuai selera kamu. Saatnya menjadi barista di rumah sendiri.

Pilihan Editor: Cara Sri Mulyani Rayakan Hari Kopi Sedunia, Minum Es Kopi Bareng Suami

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."