Seberapa Sering Boleh Facial? Ini Kata Ahli Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Facial salah satu perawatan untuk mendapatkan tampilan kulit wajah mulus dan bercahaya. Umumnya setelah facial, pori-pori tampak lebih kecil, kulit lebih kencang, dan kulit tampak bercahaya. Dengan sederet manfaat tersebut, lantas seberap sering boleh melakukan facial?

Menurut ahli, untuk menjaga kesehatan kulit yang optimal, empat hingga enam minggu adalah frekuensi ideal untuk melakukan facial. Pasalnya, siklus regenerasi sel kulit baru terjadi kira-kira setiap empat minggu sekali.

“Untuk efektivitas maksimal pada masalah tertentu, misalnya jerawat, tanda-tanda penuaan dini, atau hiperpigmentasi, interval yang lebih sering adalah dua hingga tiga minggu pada awalnya, hingga masalah tersebut dapat diperbaiki,” kata Nichelle Temple, ahli kecantikan dan pendiri Studio Inderma Kota New York dikutip dari Real Simple.

Melakukan perawatan wajah secara rutin setiap empat hingga enam minggu tidak hanya membantu menjaga kulit Anda terlihat bagus, tetapi juga membantu Anda berkomitmen pada waktu me time untuk waktu senggang yang sangat Anda butuhkan.

Facial di Rumah vs Profesional

Beberapa di antara kita mungkin berpikir mengapa harus mengeluarkan banyak uang di salon profesional jika Anda punya produk perawatan kulit di rumah? Ternyata, perbedaan antara keduanya sebenarnya bisa sangat besar, bahkan jika Anda memiliki produk perawatan kulit andalan di meja rias kamar mandi Anda.

Facial yang dapat Anda temukan di area mana pun adalah perawatan wajah standar Eropa selama 60 menit. Biasanya, itu terdiri dari pembersihan, masker, uap, ekstraksi, dan pijat,” kata Temple.

Dia menambahkan para ahli kecantikan mulai melakukan perawatan dengan pembersihan mendalam dengan alat pengukus dan alat ekstraksi, menggunakan perangkat khusus untuk mengurangi peradangan, dan menggabungkan teknik pijat terampil untuk mengangkat sel kulit mati.

"Mereka juga memiliki akses terhadap produk-produk kelas profesional, termasuk kulit yang lebih terkonsentrasi dan produk eksklusif dan produk retail yang disesuaikan untuk permasalahan tertentu,” kata Temple.

Dengan kata lain, para profesional ini memiliki pengetahuan untuk memahami kebutuhan kulit Anda dan dilengkapi dengan segala hal yang diperlukan untuk mengatasinya.

Terlebih lagi, ahli kecantikan sering kali menerapkan perawatan seperti dermaplaning, terapi LED, arus mikro, gua sha, microneedling, chemical peeling, teknik pijat ahli, atau micro-needling.

"Dan jika Anda benar-benar ingin perawatan lebih mendalam, Anda selalu dapat memilih layanan lanjutan, seperti perawatan laser, frekuensi radio, dan sebagainya. Peningkatan ini dapat menambah waktu perawatan wajah selama 30 menit, dan terdapat banyak variasi yang sesuai untuk semua jenis dan masalah kulit,” kata Temple.

Yang Perlu Dilakukan setelah Facial

Mempertahankan rutinitas perawatan kulit di rumah di antara jadwal facial adalah suatu keharusan. Itu berarti tetap berpegang pada rutinitas perawatan kulit sore dan pagi hari seperti biasa, dan melengkapinya dengan perawatan yang memanjakan satu atau dua kali setiap beberapa minggu.

“Anda memiliki kesempatan untuk merawat kulit Anda dua kali dalam sehari, sementara ahli kecantikan hanya akan menemui Anda setiap empat hingga enam minggu atau pada saat-saat seperti perubahan musim, saat berjerawat, atau sebelum acara besar,” kata Temple.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk merawat kulit secara efektif, namun tetap berpegang pada rutinitas dan tidak melakukan terlalu banyak perubahan dalam waktu yang terlalu cepat adalah kunci kesuksesan.

Untuk perawatan wajah di rumah, pertimbangkan untuk mencoba masker eksfoliasi ringan dan masker yang sangat melembapkan. Anda juga dapat memanfaatkan alat sederhana seperti es batu, roller wajah, dan perangkat teknologi kecantikan untuk meningkatkan momen perawatan diri.

Kesimpulannya, agendakan facial empat hingga enam minggu sekali, ya, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 8 Langkah Facial Wajah Sendiri di Rumah

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."