8 Langkah Facial Wajah Sendiri di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memijat wajah. Freepik.com/Diana.Grystsku

Ilustrasi wanita memijat wajah. Freepik.com/Diana.Grystsku

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila tidak ada waktu ke salon atau klinik kecantikan, Anda bisa melakukan facial wajah sendiri di rumah. Selain menghemat waktu dan biaya, facial wajah sendiri di rumah juga terasa lebih personal. Lantas, apa saja yang diperlukan dan seperti apa langkah facial wajah sendiri di rumah? Yuk, kita simak menurut saran beberapa pakar kecantikan.

8 Langkah Facial Wajah Sendiri di Rumah

1. Pembersihan Wajah secara Ganda

Langkah pertama facial wajah sendiri di rumah adalah pembersihan wajah secara ganda atau double cleansing. Mulailah dengan menggunakan pembersih minyak atau balsem pembersih untuk melarutkan sisa riasan dan kotoran di wajah. Oleskan produk ke kulit Anda dengan memijat melingkar, pastikan untuk ekstra hati-hati di sekitar mata.

"Anda dapat membersihkan wajah dengan tangan atau gua sha," kata ahli kecantikan holistik yang juga pendiri KLUR, Lesley Thornton, seperti dilansir Mind Body Green, pada Kamis, 16 Februari 2023.

Selanjutnya, membersihkan wajah dengan pembersih berbahan dasar air yang lembut. "Saya selalu merekomendasikan pembersihan ganda pada kulit dengan pembersih gel nonstripping yang lembut untuk memastikan kulit benar-benar bersih," tambah Thornton.

2. Penguapan Wajah

Dalam facial profesional, ahli kecantikan akan menggunakan steamer untuk membuka pori-pori dan memudahkannya melakukan ekstraksi. Seperti diketahui penguapan wajah memiliki banyak manfaat lainnya, misalnya, kehangatan dari uap membuka pori-pori dan mengendurkan kotoran, bakteri, dan sebum yang terperangkap, sehingga produk pengelupasan dan pelembap Anda bekerja lebih baik.

"Menguap wajah juga melebarkan pembuluh darah kulit Anda, yang meningkatkan sirkulasi sehat ke kulit," kata dokter kulit bersertifikat sekaligus pendiri NicholsMD dari Greenwich, Kim Nichols. 

Jangan ragu untuk menggunakan steamer wajah yang tepat jika Anda memilikinya, atau Anda dapat menggunakan metode mangkuk DIY.

"Gunakan mangkuk berisi air hangat dan letakkan handuk di atas kepala Anda untuk menahan uap," kata Thornton. Anda juga bisa membungkus wajah dengan handuk hangat yang beruap. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."