5 Tips Perawatan Kulit di Cuaca Panas, Gunakan Serum Berbahan Dasar Air

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Belakangan ini cuaca siang hari terasa panas dan terik walau memasuki musim hujan. Kondisi tersebut pasti berdampak buruk pada kulit wajah terutama jika dikombinasikan dengan faktor eksternal lainnya seperti meningkatnya polusi dan memburuknya kualitas udara. Saat ini sangat penting untuk melakukan perawatan kulit agar terhindar dari sinar UVA/UVB matahari, keringat, dan polutan lingkungan lainnya.

Berikut adalah 5 tips perawatan kulit paling penting untuk merawat kulit wajah di cuaca panas

1. Tabir surya setiap hari

Meskipun kita sering mengasosiasikan tabir surya dengan liburan di pantai, penting untuk menerapkan setidaknya SPF30 setiap hari, di mana pun Anda berada. Sinar UVA dan UVB juga dapat menembus kaca, jadi meskipun Anda merasa terlindungi saat berada di dalam ruangan, pikirkan lagi. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikannya pada leher dan lengan, serta bagian tubuh lainnya yang terbuka. Oleskan kembali setiap beberapa jam, dan lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang.

2. Gunakan pembersih wajah yang lembut

Dua kali sehari, dalam rutinitas perawatan kulit pagi dan malam Anda, gunakan pembersih lembut yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pembersih tidak boleh membuat wajah Anda terkelupas dan meninggalkan rasa kering, namun harus terasa bersih dan lembap pada saat yang bersamaan. Mencuci muka di pagi hari akan menghilangkan bakteri yang terkumpul sepanjang malam, sekaligus menghilangkan sisa produk semalam. Mencuci muka di penghujung hari membantu menghilangkan riasan dan menghilangkan semua debu yang terkumpul sepanjang hari.

3. Gunakan serum berbahan dasar air

Dengan teriknya musim panas dan tingkat kelembapan timggi, kulit Anda bisa terasa kering dan gatal di suatu hari, lalu sesak dan berminyak di hari berikutnya. Penting untuk menjaga tingkat hidrasi tetap konsisten, dan menggunakan serum berbahan dasar air dapat membantu mengatasi hal tersebut. Ingat, ada perbedaan antara kulit kering dan kulit dehidrasi. Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit, sedangkan kulit dehidrasi paling banyak membutuhkan air. Menjaga kulit Anda tetap terhidrasi membantu mengontrol produksi minyak dan sebum serta membantu memperkuat pelindung kulit.

4. Melembabkan setiap hari

Selain serum berbahan dasar air, gunakan pelembab yang ringan dan tidak membuat kulit terasa berminyak. Bahan-bahan seperti asam hialuronat dan ceramide sangat menghidrasi sekaligus ringan dan tidak akan memberatkan kulit jika digunakan dengan formula yang sesuai seperti pelembab berbasis gel atau air.

5. Pengelupasan kulit

Keringat, tabir surya, polusi, dan produk riasan lainnya dapat menumpuk di wajah Anda selama musim panas dan masuk ke pori-pori, sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Coba gunakan eksfoliator kimia secara teratur - tetapi tidak setiap hari - untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan meratakan warna kulit Anda. Jika Anda menggunakan eksfoliator baru, lakukan test patch sebelum menggunakannya pada wajah Anda untuk memastikan tidak ada reaksi yang merugikan.

Pilihan Editor: Perawatan Kulit dengan Bahan Retinol Bisa Dipakai Siang Hari, Asalkan ...

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."