10 Fakta Tentang Ciuman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berciuman. Foto: Freepik.com/master1305

Ilustrasi pasangan berciuman. Foto: Freepik.com/master1305

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berciuman bukan hanya ekspresi cinta dan kasih sayang yang menyenangkan, tapi juga membakar kalori sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ternyata tak cuma itu, ada beberapa fakta tentang ciuman yang perlu Anda tahu. 

1. Ciuman normal membakar 6,4 kalori per menit. Ciuman penuh gairah bisa membakar hingga 20 kalori per menit. Itu bahkan lebih banyak dibandingkan berenang yang membakar 12 kalori dalam satu menit, sama seperti lompat tali.

2. Saat ini, rata-rata ciuman berlangsung lebih dari 12 detik. Pada tahun 1980-an, rata-rata ciuman hanya berlangsung selama 5,5 detik.

3. Ciuman di depan umum tidak selalu diperbolehkan di mana pun. Tahukah Anda, dilarang mencium wanita di depan umum pada hari Minggu di Michigan dan Connecticut, negara bagian Amerika ini menganggap serius Hari Tuhan.

Di kereta bawah tanah di ibu kota Turki, Ankara, penumpang diharapkan mematuhi aturan moral. Pasangan Turki berciuman yang terpantau oleh kamera keamanan secara resmi diperingatkan.

4. Dengan rata-rata empat ciuman per orang per hari, Jerman menempati urutan kedua di belakang Swedia dalam daftar negara yang pelit berciuman. Orang-orang di Perancis dan Italia melakukan hal yang jauh lebih baik, mereka berciuman rata-rata tujuh kali sehari.

5. Peneliti mempelajari ciuman dalam bidang ilmu yang disebut filematologi. Mereka menemukan dua dari tiga orang memiringkan kepala ke kanan saat berciuman.

6. Dokter sangat antusias tentang manfaat berciuman karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Memikirkan ciuman saja akan meningkatkan aliran air liur, sehingga akan mengendurkan plak.

7. Berciuman juga bagus untuk keselamatan di jalan. Para peneliti menemukan bahwa orang yang baru saja berciuman jauh lebih tidak agresif dan menghasilkan lebih sedikit kecelakaan. Namun berciuman sambil mengemudi bukanlah ide yang baik, utamakan perhatikan lalu lintas!

8. Berciuman bukan hanya perilaku sosial yang telah kita kembangkan selama berabad-abad, ini adalah naluri yang juga dapat kita amati pada orang utan dan primata lainnya. Angsa mengungkapkan kasih sayang dengan menyentuh paruhnya, dan gajah saling memasukkan belalainya ke dalam mulut.

9. Berciuman merangsang lebih dari 100 miliar sel saraf, sementara hormon kebahagiaan dan adrenalin mengalir ke seluruh tubuh, membuat jantung berdetak lebih cepat, dan tekanan darah serta suhu tubuh meningkat.

10. Banyak pertukaran yang terjadi dalam sebuah ciuman: 60 miligram air, 0,5 miligram protein, 0,15 miligram sekresi kelenjar, 0,4 miligram garam, dan hingga 22.000 bakteri.

Itulah sederet fakta tentang ciuman yang mungkin belum Anda ketahui.

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."