17 Makanan Terbaik untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi salmon panggang atau grilled salmon. Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi salmon panggang atau grilled salmon. Foto: Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk faktor risiko penyakit jantung paling umum yang dapat dicegah. Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia menderita tekanan darah tinggi. Perubahan gaya hidup dan modifikasi pola makan juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Dokter mungkin juga meresepkan obat untuk menurunkan tingkat tekanan darah, termasuk penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE). Memasukkan makanan tertentu ke dalam diet Anda, terutama yang mengandung potasium dan magnesium, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah Anda. Dikutip dari laman Healthline, berikut 17 makanan terbaik untuk penderita tekanan darah tinggi.

1. Buah jeruk

Buah jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Beberapa pilihan buah jeruk seperti jeruk Bali, jeruk, dan jeruk lemon.

Minum jus jeruk dan grapefruit dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun jeruk Bali dan jus jeruk Bali dapat mengganggu pengobatan umum untuk menurunkan tekanan darah, jadi konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum menambahkan buah ini ke dalam makanan Anda.

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik yang memiliki manfaat signifikan bagi jantung. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan menurunkan peradangan.

Kadar lemak omega-3 yang lebih tinggi dalam makanan, termasuk ikan, juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi pada orang dewasa muda yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau diabetes.

3. Sayuran berdaun hijau

Lobak Swiss dan bayam adalah dua contoh sayuran berdaun hijau yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sayuran hijau ini merupakan sumber nutrisi seperti potasium dan magnesium, yang mendukung tingkat tekanan darah optimal.

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan senyawa nabati yang dikenal sebagai nitrat, yang dapat menurunkan tekanan darah. Ia juga mengandung antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium, yang dapat mendukung kesehatan jantung.

4. Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mungkin mempunyai efek menguntungkan pada tekanan darah. Contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat dimakan sebagai bagian dari diet seimbang yang berfokus pada penurunan tekanan darah yaitu biji labu, benih lenan, biji chia, kenari, dan kacang almond.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti magnesium dan potasium. Sejumlah penelitian observasional menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Kacang-kacangan meliputi kacang dan kacang polong.

6. Buah beri

Buah beri menawarkan manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk potensi mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah beri kaya akan antioksidan, termasuk antosianin, yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri. Beberapa buah beri yang dapat menurunkan tekanan darah antara lain bluberi, raspberi, chokeberry, stroberi, anggur, dan cranberry.

7. Bayam

Makan biji-bijian seperti bayam dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah Anda. Studi menunjukkan bahwa pola makan kaya biji-bijian dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena tekanan darah tinggi. Anda juga dapat mencoba biji-bijian lainnya seperti gandum utuh, biji gandum, beras merah, jagung, roti gandum utuh, dan pasta gandum utuh.

8. Minyak zaitun

Minyak dari buah pohon zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah dan faktor risiko penyakit jantung lainnya.

Tinjauan studi tahun 2020 menemukan bahwa nutrisi dan senyawa nabati dalam minyak zaitun, seperti asam oleat lemak omega-9 dan polifenol antioksidan, dapat menjadi bagian bermanfaat dari diet yang bertujuan menurunkan tekanan darah.

9. Wortel

Wortel yang renyah, manis, dan bergizi merupakan sayuran pokok dalam makanan banyak orang. Wortel kaya akan senyawa nabati yang mungkin terlibat dalam berbagai proses kesehatan, seperti mengatur tekanan darah.

Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa kemungkinan tekanan darah tinggi turun 10 persen untuk setiap 100 gram wortel (sekitar 1 cangkir wortel mentah parut) yang dimakan setiap hari.

10. Telur

Telur tidak hanya padat nutrisi tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa telur dapat menjadi bagian dari rencana makan seimbang untuk mengelola tekanan darah.

Makan telur juga tampaknya tidak ada hubungannya dengan faktor risiko penyakit jantung lain selain tekanan darah, dan bukti terbaru tampaknya mendukung orang dewasa dalam keadaan sehat dengan makan hingga 3 butir telur per hari.

11. Tomat dan produk tomat

Tomat dan produk tomat kaya akan banyak nutrisi, termasuk potasium dan pigmen karotenoid likopen. Lycopene telah dikaitkan secara signifikan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, dan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi ini dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

12. Brokoli

Brokoli dikenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah Anda. Misalnya, menambahkan sayuran silangan ini ke dalam makanan Anda mungkin merupakan cara cerdas untuk menurunkan tekanan darah.

Brokoli kaya akan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda.

13. Yogurt

Yogurt adalah produk susu padat nutrisi yang mengandung mineral yang membantu mengatur tekanan darah, termasuk potasium dan kalsium. Meningkatkan jumlah yogurt harian yang Anda makan dari 2 hingga 4 kali seminggu menjadi 5 hingga 6 kali per minggu dapat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi.

14. Bumbu dan rempah-rempah

Jamu dan rempah tertentu mengandung senyawa kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan membantu pembuluh darah rileks. Beberapa tumbuhan dan rempah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah menurut hasil penelitian pada hewan dan manusia antara lain benih seledri, ketumbar, kunyit, sereh, lada hitam, bawang putih, bubuk bawang, bubuk cabai, oregano, jinten, paprika merah, ginseng, kayu manis, kapulaga, kemangi, dan jahe.

15. Kentang

Kentang memiliki beberapa senyawa nabati yang berguna dalam mengatur tingkat tekanan darah.

16. Buah kiwi

Buah kiwi sangat tinggi vitamin C dan mengandung nutrisi lain yang terlibat dalam pengaturan tekanan darah, termasuk serat, potasium, dan magnesium. Buah ini juga menyediakan berbagai senyawa polifenol dan antioksidan nabati. Itu sebabnya peneliti yakin buah kiwi bisa membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah.

Penelitian tambahan dengan lebih banyak orang dalam jangka waktu yang lebih lama dapat membantu memastikan peran kiwi dalam membantu menurunkan tekanan darah.

17. Daging tanpa lemak

Departemen Pertanian Amerika Serikat mendefinisikan “daging tanpa lemak” sebagai daging dengan kandungan lemak kurang dari 10 gram, lemak jenuh 4,5 gram atau kurang, dan kolesterol kurang dari 95 miligram per 100 gram (sekitar 3,5 ons porsi).

Protein hewani tanpa lemak dapat mencakup salah satu dari makanan daging atau unggas berikut yang menyediakan protein dan nutrisi berkualitas tinggi yang terlibat dalam pengelolaan tekanan darah terdapat pada dada ayam tanpa kulit, daging sirloin, dan kalkun giling tanpa lemak.

Daging tanpa lemak dapat menjadi bagian dari rencana makan seimbang untuk menurunkan tekanan darah jika memenuhi selera pribadi, anggaran, dan kebutuhan makanan budaya Anda.

Itulah 17 makanan yang aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat.

Pilihan Editor: 8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."