8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cek tekanan darah. shutterstock.com

Ilustrasi cek tekanan darah. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan umum yang bisa menyebabkan komplikasi jika tak ditangani dengan baik. Untuk mencegah hal itu terjadi, ada beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang bisa diterapkan dalam rutinitas sehari-hari. Kuncinya konsisten, disiplin, dan rutin memantau tekanan darah.

1. Pola Makan DASH

Dietary Approaches to Stop Hypertension atau lebih sering disebut DASH Diet adalah salah satu diet yang bertujuan untuk membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah (hipertensi).

Pola makan ini menekankan pada biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak serta membatasi asupan natrium. 

2. Mengurangi Asupan Garam

Membatasi asupan garam dapat berdampak besar pada tekanan darah. Waspadai makanan olahan dan hidangan restoran yang sering kali mengandung kadar natrium tinggi.

3. Makanan Kaya Potasium

Mengonsumsi makanan tinggi potasium seperti pisang, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau bisa melawan efek natrium dan menurunkan tekanan darah.

4. Magnesium dan Kalsium

Kedua mineral ini ditemukan dalam produk susu dan kacang almond juga berperan penting dalam pengaturan tekanan darah.

5. Latihan Rutin

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dengan memperkuat jantung dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Upayakan untuk melakukan olahraga sedang setidaknya 150 menit per minggu.

Pilihan olahraganya bisa berupa latihan aerobik seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang. Bisa juga melakukan latihan kekuatan, yang membantu tubuh Anda membakar kalori dengan lebih efisien.

6. Mengelola Stres

Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Latih teknik relaksasi seperti meditasi, yoga atau latihan pernapasan dalam untuk mengelola stres.

7. Pertahankan Berat Badan Ideal

Menurunkan berat badan berlebih termasuk cara alami menurunkan tekanan darah secara signifikan. Kombinasi pola makan sehat dan olahraga teratur adalah kunci untuk mencapai dan mempertahankan berat badan ideal.

8. Batasi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Jika Anda minum alkohol, lakukan secukupnya.

Dan, yang tak kalah penting, periksa tekanan darah secara teratur untuk mengetahui dampak dan penyesuaian yang diperlukan.

Pilihan Editor: Tanda-tanda di Kaki yang Mencerminkan Tekanan Darah Tinggi

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."