7 Kreasi Resep Menu Sahur Ibu Hamil, dari Masakan Telur hingga Sup Sayuran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi poached egg atau telur ceplok rebus (PIxabay.com)

Ilustrasi poached egg atau telur ceplok rebus (PIxabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sahur merupakan waktu yang penting bagi orang hendak berpuasa esok hari, terutama ibu hamil. Meski sebenarnya ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa, tapi apabila masih sanggup maka diperbolehkan. Namun, menu sahur ibu hamil perlu diperhatikan agar tetap sehat selama menjalani puasa seharian. 

Saat berpuasa, ibu hamil harus memperhatikan menu sahur yang dikonsumsi. Sebab, nutrisi yang diperoleh saat sahur akan memberikan energi dan kebutuhan nutrisi yang cukup untuk ibu hamil dan janin selama seharian berpuasa. Agar tidak bingung, berikut adalah ide kreasi resep yang sehat dan bergizi untuk ibu hamil. 

Menu Sahur untuk Ibu Hamil

1. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.  Ibu hamil dapat memasak telur rebus, dadar, atau telur setengah matang sebagai menu sahur yang cepat dan mudah. 

Telur juga mengandung banyak nutrisi penting salah satunya asam folat, yang dapat menurunkan terjadinya keguguran dan menurunkan risiko cacat janin.

Ilustrasi telur rebus. Pexels/Antoni Shkraba

2. Smoothie Buah

Menu sahur yang sehat dan praktis untuk ibu hamil selanjutnya adalah smoothie buah. Selain segar, menu sahur yang satu ini juga kaya gizi. 

Cara membuatnya sangat mudah, campurkan berbagai jenis buah seperti pisang, stroberi, blueberry, dan bayam dengan yogurt rendah lemak atau susu almond untuk mendapatkan tambahan vitamin, mineral, dan serat. Smoothie buah juga dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi selama berpuasa.

Smoothies Buah dan Sayuran. Pixabay

3. Sayur-sayuran Panggang

Jika bosan dengan sayur berkuah, maka ibu hamil bisa mencoba menu sahur berupa sayuran panggang.  Sayur-sayuran panggang adalah pilihan menu sahur yang sehat dan rendah kalori bagi ibu hamil. 

Cara membuatnya sangat mudah, cukup potong berbagai jenis sayuran seperti wortel, kentang, brokoli, dan paprika. 

Kemudian panggang di dalam oven dengan sedikit minyak zaitun dan rempah-rempah sesuai selera. Sayur-sayuran panggang ini mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."