Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri, Siapkan Personal Statement dan Study Plan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Shutterstock.com

Ilustrasi beasiswa. Shutterstock.com

IKLAN

4. Mengulas Personal Statement dan Study Plan

Setelah menuliskan personal statement dan study plan, tips mendapatkan beasiswa selanjutnya ialah melakukan review. Anda bisa meminta teman, dosen, atau orang yang Anda percaya untuk meninjau tulisan yang sudah dibuat. Minta saran, apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Jika memang ada yang harus diperbaiki, segera lakukan revisi sebelum waktu tenggang pengumpulan berkas. Jangan hanya meminta saran pada satu orang saja, Anda bisa meminta 2 atau 3 orang untuk membantu.

5. Kirim Jauh Sebelum Batas Pengumpulan

Setelah semua berkas lengkap, langkah selanjutnya ialah mengirimkan berkas itu. Setiap penyedia beasiswa, memiliki tahapan yang berbeda. Ada yang meminta pendaftar untuk mengirim berkas dengan pos, ada juga yang meminta berkas secara online dan offline.

Dan ada satu lagi tips mendapatkan beasiswa yakni, tidak mengumpulkan berkas di hari batas pengumpulan. Usahakan untuk mengirim berkas beberapa hari sebelum deadline, terlebih untuk beasiswa luar negeri. Kita tidak bisa menebak kendala apa yang akan dihadapi selama pengiriman. Untuk itu, akan lebih baik Anda mengirimnya jauh sebelum batas akhir pengumpulan.

6. Menunggu, Berdoa, Persiapan Tahap Selanjutnya

Jika semua sudah dikirim, yang bisa dilakukan selanjutnya ialah menunggu dan berdoa. Setelah segala usaha yang sudah dilakukan, kini saatnya berserah diri dan berdoa agar lolos ke tahap selanjutnya. Di sela-sela waktu menunggu, Anda bisa mencari tahu tahapan seleksi selanjutnya. Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu kaget jika lolos tahap selanjutnya.

Anda tidak perlu terlalu khawatir dan ragu jika ingin mendaftar beasiswa. Tidak ada salahnya mencoba. Untuk mendukung personal statement dan persyaratan lainnya, Anda bisa mengikuti kelas Tempo Institute. 

Pilihan Editor: Informasi Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Kamu Incar, dari GKS hingga Jardine Scholarship

TEMPO INSTITUTE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."