Incar Beasiswa Luar Negeri, Simak Contoh Menulis Motivation Letter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi beasiswa. Freepik

Ilustrasi beasiswa. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Terdapat banyak cara mendapatkan beasiswa luar negeri. Meski begitu, persyaratan dan ketentuan yang mereka butuhkan tidak jauh berbeda, salah satunya ialah motivation letter. Motivation letter adalah surat yang berisi penjelasan tentang motivasi dan kualifikasi Anda sehingga layak menerima beasiswa. Berbeda dengan surat rekomendasi, motivation letter dibuat oleh Anda sendiri sebagai pelamar beasiswa.

Sudah siap untuk mulai menuliskan motivation letter Anda? Sebelum itu, ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan. Ada beberapa kesalahan umum yang harus dihindari jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima di jurusan atau universitas favorit dengan beasiswa.

1. Jangan meniru atau mengikuti motivation letter orang lain

Melihat contoh dari internet memang tidak salah. Tapi, jadikan contoh motivation letter itu sebagai referensi saja dan pertimbangan tentang hal-hal yang perlu Anda tulis.

2. Membuat surat terlalu formal, sehingga terkesan membosankan 

Tulis kalimat dengan lancar dan gunakan kata-kata yang mencerminkan pikiran Anda sebenarnya. Tidak perlu menggunakan kata atau istilah yang rumit, cukup pilih diksi yang baik dan hindari pengulangan kata.

Tidak menunjukkan antusiasme Anda untuk mendaftar beasiswa atau belajar di jurusan tertentu. Hal ini dapat terlihat dari gaya bahasa yang Anda gunakan dalam motivational letter. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan beasiswa tersebut, Anda akan menuliskan isinya secara urut, rapi, dan rinci.

3. Menggunakan font atau tampilan yang kurang sesuai

Mengirimkan motivational letter tanpa membaca ulang isinya. Pastikan Anda sudah memeriksa ejaan, isi surat, dan keterkaitan antara setiap paragraf.

Sampai di sini, Anda sudah mengetahui tips dalam menulis motivation letter. Sekarang, bagaimana contoh motivation letter untuk itu sendiri? Perhatikan di bawah ini, ya!

4. Contoh Motivation Letter

Ada beberapa jenis motivation letter yang bisa Anda tulis. Tapi, berikut ini adalah contoh motivation letter yang dibuat untuk lamaran beasiswa di bidang bahasa dan budaya.

Dear Sir or Madam,

My name is [nama Anda], and I am writing this letter to express my interest in a scholarship for a cultural studies programme. I’ve always been passionate about learning other cultures and how they influence people. Moreover, I am sure that this opportunity can enrich my future studies and help me reach my career prospects.

During my prior studies, I joined the student and local community which helped me develop social skills and experience a range of activities that support humanities. I have a great passion for meeting new people from different backgrounds, to know and learn about their culture. I believe this programme will provide me with a variety of tools to analyse how social norms are created, exchanged and produced in a cultural context.

As a student, I tend to think critically. Before saying something, I try to analyze and see the problem from various perspectives. In that way, it can be more structured and have a clear direction. My ideas will also be more easily accepted and appreciated by those who hear them.

Thank you for considering my application. Hopefully, I can get this scholarship opportunity and reach my future. I look forward to your positive response.

Sincerely,

[nama Anda]

Pilihan Editor: Incar Beasiswa Luar Negeri, Simak Beda Surat Rekomendasi dan Motivation Letter

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."