Sering Lupa, Simak 8 Cara Meningkatkan Daya Ingat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berolahraga. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berolahraga. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Anda memasuki sebuah ruangan dan lupa alasan Anda berada di sana? Atau apakah Anda merasa sulit mengingat di mana Anda meletakkan ponsel atau kunci? Meski sering lupa bisa mengganggu, ada strategi untuk meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah kehilangan ingatan. Anda dapat meningkatkan daya ingat secara signifikan dengan menerapkan kebiasaan tertentu ke dalam rutinitas harian Anda, terlepas dari seberapa sering Anda lupa. Berikut ini delapan cara meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan otak untuk menangkis sering lupa.

1. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga baik untuk otak. Berolahraga teratur meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko penurunan daya ingat.

Usahakan untuk berolahraga sedang setidaknya 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Aktivitas seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau menari semuanya dapat membantu menjaga otak tetap tajam dan daya ingat tetap utuh.

2. Latih Otak secara Rutin

Sama seperti otot, otak kita memerlukan olahraga teratur agar tetap kuat dan sehat. Terlibat dalam aktivitas yang merangsang pikiran dan menantang kemampuan kognitif. Teka-teki, permainan asah otak, dan permainan seperti Sudoku atau teka-teki silang adalah cara terbaik untuk menjaga otak Anda tetap aktif dan meningkatkan retensi memori. Selain itu, mempelajari keterampilan atau hobi baru dapat memberikan stimulasi mental dan membantu membangun jalur saraf baru, sehingga menjaga otak tetap gesit dan mudah beradaptasi.

3. Meditasi

Selain untuk menenangkan diri, meditasi juga bermanfaat untuk menajamkan ingatan. Menurut studi di New York, Amerika serikat,  menemukan bahwa teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan memori  pada orang-orang dari segala usia, dari orang berusia 20-an hingga orang dewasa yang lebih tua. 

Anda dapat melakukan meditasi di pagi hari ataupun sore hari. Ini adalah waktu-waktu yang bagus untuk bermeditasi. Kuncinya, lakukanlah meditasi di tempat yang tenang untuk manfaat yang maksimal.  

4. Membuat Daftar Tugas dan Jadwal

Salah satu penyebab umum sering lupa karena kurangnya pengorganisasian. Dengan membuat daftar tugas dan jadwal, Anda dapat menjalani rutinitas dengan teratur. Biasakan untuk menuliskan janji, tenggat waktu, dan tugas penting, dan rujuk daftar tersebut secara teratur agar tetap pada jalurnya. Membagi tugas menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan mudah dikelola juga dapat membuat tugas tersebut tidak terlalu membebani dan lebih mudah diingat.

5. Konsumsi Suplemen Kurkumin

Kurkumin, senyawa yang ditemukan dalam kunyit, telah menarik perhatian karena potensi manfaat kognitifnya. Penelitian dari Cambridge University Press menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, termasuk memori, dengan menargetkan jalur yang terlibat dalam penyakit Alzheimer. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan keefektifannya, beberapa bukti menunjukkan bahwa suplemen kurkumin mungkin menawarkan efek neuroprotektif dan mendukung kesehatan otak.

6. Konsumsi Vitamin

Terkadang, sering lupa dapat disebabkan oleh masalah kesehatan salah satunya kekurangan vitamin B12, yang dapat menyebabkan penurunan kognitif dan masalah memori. Jika Anda mencurigai bahwa masalah ingatan Anda mungkin berhubungan dengan kekurangan nutrisi, dapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Menambahkan makanan atau suplemen kaya vitamin ke dalam makanan dapat membantu mengatasi kekurangan dan meningkatkan fungsi kognitif.

7. Tambahkan Minyak Ikan

Kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA, minyak ikan bermanfaat meningkatkan memori, terutama pada orang tua. Kandungan DHA dan EPA sangat penting untuk kesehatan dan fungsi otak manusia.

8. Tidur Cukup

Jangan abaikan kualitas tidur cukup. Sebab tidur berperan penting dalam kinerja memori. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7-9 jam per hari.

Pilihan Editor: 9 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Otak, Salah Satunya Melewatkan Sarapan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."