6 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat, Kunyit hingga Cokelat Hitam

Ilustrasi kunyit. Unsplash.com/Chinch Le Duc

kesehatan

6 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat, Kunyit hingga Cokelat Hitam

Jumat, 11 Juni 2021 19:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Otak merupakan organ terpenting tubuh Anda yang mengontrol semua fungsi tubuh salah satunya daya ingat. Selain mengontrol sistem saraf tubuh, otak berfungsi dalam mengumpulkan semua informasi, memprosesnya, dan menyimpan informasi dalam ingatan.

Untuk menjaga kualitas daya ingat, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan antioksidan hingga vitamin K. Apa saja contohnya? Berikut enam makanan yang disarankan dan mudah ditemui di dapur Anda seperti dikutip dari Pink Villa, Kamis, 10 Juni 2021.

1. Ikan

Ikan berlemak atau ikan berminyak termasuk dalam daftar teratas untuk makanan penambah otak sebab kaya akan asam lemak omega-3. Ikan seperti salmon, trout, dan sarden berada di daftar teratas untuk meningkatkan fungsi otak dan memori. Mereka sangat penting untuk menyimpan memori dan belajar. Mereka membantu meningkatkan perubahan suasana hati juga.

2. Kunyit

Antioksidan dalam kunyit bisa membantu meningkatkan daya ingat dan juga membantu mengurangi depresi karena meningkatkan kadar serotonin. Senyawa aktifnya yaitu kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan membantu otak.

Baca juga: 5 Khasiat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan, Meningkatkan Daya Ingat

3. Brokoli

Sayuran berwarna gelap dan hijau ini kaya akan nutrisi dan mineral termasuk antioksidan. Tak hanya itu, brokoli juga tinggi vitamin K yang membantu mempertahankan memori.

Cokelat Hitam. Unsplash.com/Charisse Kenion

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung bubuk kakao dalam jumlah tinggi yang berguna untuk meningkatkan kinerja otak. Kafein dan antioksidan dalam cokelat hitam membantu dalam belajar dan mempertahankan memori. Kandungan ini juga berkhasiat menjadi penguat suasana hati yang secara instan serta memberi energi pada Anda. Flavonoid dalam cokelat juga membantu melindungi otak yang baik untuk daya ingat.

5. Kacang-kacangan

Selain meningkatkan kesehatan jantung, kacang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Kacang-kacangan seperti kenari sangat bermanfaat untuk fungsi otak Anda dan sebaiknya dimakan setiap hari.

6. Telur

Telur adalah makanan serbaguna dan kaya dengan beberapa nutrisi serta mineral. Nutrisi yang membantu meningkatkan daya ingat termasuk vitamin B6 dan B12. Ini penting untuk fungsi dan perkembangan otak yang tepat serta mengatur perubahan suasana hati. Telur bisa dimakan setiap hari untuk sarapan.

Jadi, pastikan makanan di atas ada di dalam menu harian untuk menjaga kualitas daya ingat Anda.