Simak Perbedaan Mentimun dan Zucchini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi mentimun (pixabay.com)

ilustrasi mentimun (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mentimun dan zucchini memiliki banyak kesamaan termasuk bentuknya yang panjang dengan tepi membulat, dan memiliki kulit berwarna hijau cerah. Keduanya juga berasal dari keluarga yang sama, yaitu Cucurbits mencakup banyak jenis labu bahkan melon. Jadi, keduanya termasuk buah-buahan, tetapi kerap disamakan dengan sayuran.

Selain itu, mentimun dan zucchini juga memiliki kulit berwarna hijau tua dan bagian dalam berwarna putih krem. Keduanya memiliki rasa yang ringan, dengan rasa zucchini yang sedikit lebih manis daripada mentimun.

Lantas, apa saja perbedaannya? Yuk, kita intip faktanya. 

Perbedaan Mentimun dan Zucchini

Zucchini memiliki batang berkayu yang tebal di bagian atas, dan kulit agak lembut (dan sering berbintik). Mentimun biasanya memiliki kulit yang lebih tebal dan keras, serta teksturnya seringkali lebih bergelombang.

Saat Anda membukanya, Anda akan lebih memahami perbedaan keduanya. Mentimun memiliki tekstur yang renyah dan dingin serta biji yang lebih menonjol (selain beberapa varietas tanpa biji), sedangkan zucchini sedikit lebih kenyal dan memiliki biji yang halus.

Namun perbedaan terbesarnya terletak pada cara kedua sayuran ini digunakan dalam resep. Umumnya, zucchini disajikan dalam keadaan matang, dan mentimun disajikan mentah—meskipun ada beberapa hidangan yang melanggar aturan tersebut.

Ilustrasi Zucchini. Foto: Pixabay.com/Congerdesign

Bisakah Mengganti Mentimun dan Zucchini Satu Sama Lain?

Dalam kebanyakan kasus, zucchini dan mentimun tidak saling menggantikan dengan baik karena mentimun paling baik disajikan mentah, dan zucchini paling sering dimasak. Keduanya dapat ditukar satu sama lain dalam hidangan mentah seperti menggunakan zucchini yang diiris tipis sebagai pengganti mentimun dalam salad, atau mentimun parut dengan zucchini parut dalam poke, hidangan khas Hawaii.

Cara Menyimpan Mentimun dan Zucchini

Mentimun dan zucchini bisa bertahan lebih dari seminggu di kulkas, apalagi jika Anda menyimpannya dengan benar. Untuk mentimun, bungkus dengan plastik wrap, lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara agar tetap renyah.

Zucchini dapat disimpan di laci rak kulkas di dalam kantong kertas untuk membantu mengurangi kelembapan yang dapat mengubah zucchini menjadi bubur di kulkas Anda.

Semoga ulasan perbedaan mentimun dan zucchini di atas bisa membantu Sahabat Cantika saat berbelanja. 

Pilihan Editor: Cara Menyimpan Mentimun agar Tahan Lama

REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."