6 Manfaat Zucchini untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Zucchini. Foto: Pixabay.com/Congerdesign

Ilustrasi Zucchini. Foto: Pixabay.com/Congerdesign

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim panas adalah musimnya sayuran serbaguna ini (sebenarnya, zucchini secara teknis adalah buah) mencapai puncaknya, paling melimpah di pasar petani. Eits, bukan berarti tak ada zucchini sepanjang tahun, ya. Anda selalu dapat menemukan zucchini di swalayan atau pasar.

Zucchini hijau dan kuning tidak hanya super lezat, tersedia secara luas, dan mudah dimasak, tetapi juga menawarkan banyak gizi. Zucchini mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang dapat membantu mendukung berbagai aspek kesehatan kita, menurut Asmita Batajoo, ahli diet klinis. Sebelum mengulik lebih jauh kandungan gizi dan manfaatnya untuk tubuh, kita simak sejenak sejarah zucchini.

Sejarah Zucchini

Secara botani, zucchini adalah buah dari keluarga labu Cucurbitaceae, bersama semangka, labu, labu, mentimun, dan melon. Sering disebut sebagai courgette di Inggris Raya, jenis labu khusus ini (nama ilmiah: Cucurbita pepo) adalah favorit di seluruh dunia, karena rasa dan tekstur yang lembut cocok untuk aplikasi kuliner gurih maupun manis. 

Sementara jejak nenek moyang tanaman zucchini pertama kali ditemukan ribuan tahun yang lalu di Amerika Tengah dan Selatan, bukti pertama buah ini berasal dari tahun 1901 di Milan, Italia. Ini masuk akal mengingat semua hidangan Italia lezat menampilkan olahan buah ini sebagai hidangan favorit musim panas. Tak butuh waktu lama, zucchini menjadi populer di seluruh Eropa dengan hidangan terkenal seperti ratatouille Prancis klasik. Tidak lama kemudian budaya di seluruh dunia juga mengadopsi zucchini, menonjolkan buah ini di beberapa hidangan terlezat mereka.

Fakta Gizi Zucchini

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA, satu cangkir zucchini, dicincang, menawarkan sekitar 21 kalori, 1,5 gram protein, kurang dari setengah gram lemak, 3,9 gram karbohidrat, termasuk 1,24 gram serat dan sekitar 3,1 gram gula (alami).

Labu musim panas ini juga sarat mikronutrien penting termasuk vitamin, mineral, antioksidan nabati, dan pigmen yang bekerja untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Manfaat Zucchini untuk Kesehatan Tubuh

1. Kaya Antioksidan

Dalam zucchini Anda akan menemukan banyak vitamin A dan C, ditambah banyak senyawa tumbuhan, termasuk polifenol dan karotenoid, sekelompok pigmen tumbuhan. Semua mikronutrien ini adalah antioksidan yang membantu tubuh mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang, bila dibiarkan menumpuk dalam jumlah besar di seluruh tubuh, dapat menyebabkan hampir semua penyakit kronis yang dapat Anda pikirkan, mulai dari penyakit jantung hingga kanker. Plus, karotenoid telah dikaitkan dengan perlindungan sinar ultraviolet, membantu melindungi kulit kita secara alami dari sengatan matahari dan kanker kulit.

2. Menyehatkan Mata

Dalam hal mendukung kesehatan mata dan penglihatan, zucchini juga dapat bermanfaat. Dua dari karotenoid yang ditemukan dalam labu ini, lutein dan zeaxanthin, bisa meningkatkan kesehatan mata, seperti halnya vitamin A. Lutein dan zeaxanthin sebenarnya menumpuk di retina, membantu mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti katarak dan degenerasi makula.

Sedangkan vitamin A juga erat kaitannya dengan fungsi mata sebagai pemain kunci dalam kesehatan retina dan fungsi mata secara keseluruhan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."