Cara Menyimpan Mentimun agar Tahan Lama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay.com/ka_re

Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay.com/ka_re

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meskipun mentimun tersedia sepanjang tahun, waktu terbaik untuk menikmatinya adalah di musim panas. Saat musim panen, mentimun sedikit lebih segar dan enak, serta sangat penting dalam salad musim panas yang renyah, olesan crudité, dan bahkan dalam smoothie.

Jika Anda pernah memperhatikan mentimun Anda kedaluwarsa hanya beberapa hari setelah membawanya pulang dari pasar, bisa jadi itu karena cara penyimpanannya. Banyak mentimun yang dibeli di toko memiliki lapisan lilin yang memungkinkan mereka memiliki umur simpan yang lebih lama. Lantas, seperti apa kiat terbaik menyimpan mentimun? Berikut cara menyimpan mentimun, baik yang utuh ataupun sudah dipotong.

Cara Menyimpan Mentimun

Kebanyakan orang menyimpan mentimun di dalam laci kulkas. Itu bukan pilihan buruk, tetapi ada trik sederhana yang bisa membuat mentimun lebih segar lebih lama. Bungkus seluruh mentimun dalam bungkus plastik, lalu simpan dalam wadah kedap udara.

Bungkus plastik tersebut berfungsi sebagai pelindung dan mengunci kelembapan, yang mencegah mentimun menjadi lembek. Metode ini bisa membuat mentimun tahan lama hingga seminggu kemudian.

Cara Menyimpan Irisan Mentimun

Jika Anda akan mengiris mentimun terlebih dahulu, jangan memasukkannya ke dalam kantong plastik, kecuali jika Anda berencana untuk memakannya di hari yang sama. Sebagai gantinya, bungkus dengan handuk kertas basah dan kemudian simpan dalam wadah kedap udara hingga lima hari. Mengunci kelembapan adalah kunci untuk menjaga irisan mentimun tetap segar selama mungkin.

Bisakah Membekukan Mentimun?

Karena kandungan airnya yang tinggi, mentimun dapat dengan mudah disimpan di dalam freezer dan dinikmati sepanjang tahun. Sebaiknya diiris terlebih dahulu, tetapi terserah Anda apakah Anda ingin mengupasnya atau tidak.

Setelah diiris, sebarkan mentimun di atas loyang berlapis perkamen dan bekukan selama dua hingga tiga jam. Kemudian, simpan dalam wadah ramah freezer di freezer Anda, pastikan untuk meninggalkan sedikit ruang di bagian atas jika mereka mengembang saat dibekukan.

Saat Anda siap untuk mencairkan mentimun Anda, biarkan mereka mencair selama tiga sampai empat jam. Setelah titik itu, mentimun siap digunakan. Jika Anda memiliki banyak mentimun yang baru ditanam dari kebun Anda, membekukannya di akhir musim adalah ide bagus karena mentimun bisa bertahan sekitar 8 hingga 12 bulan di dalam freezer. Meskipun mentimun yang dibekukan dan dicairkan tidak akan memiliki kerenyahan yang sama dengan yang segar, mereka masih terasa enak untuk smoothie dan sup.

REAL SIMPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."