Cara Menyimpan Mentimun agar Tetap Renyah, Pentingnya Direndam dalam Air

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay.com/ka_re

Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay.com/ka_re

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara mengurangi sampah makanan adalah menyimpan makanan dengan benar dan tepta. Kali ini, kita membahas cara menyimpan mentimun agar tahan lama, juga tetap renyah, tidak lembek dan berlendir tentunya. Dalam video terbaru di akun TikTok-nya, kreator konten Kelsey Venkov mendemonstrasikan cara menyimpan mentimun agar bisa bertahan lebih dari seminggu.

Pertama-tama, dia mengeluarkan mentimun dari kemasan aslinya dan membilasnya dengan air keran dingin. Sebagai informasi, langkah ini 100 persen sejalan dengan pedoman FDA untuk membersihkan produk, yang merekomendasikan agar mencuci semua produk secara menyeluruh di bawah air mengalir sebelum menyiapkan atau memakannya, termasuk produk yang ditanam di rumah atau dibeli dari toko bahan makanan atau pasar petani.

Selanjutnya, Venkov mengisi mangkuk besar dengan air bersih dan menambahkan sekitar secangkir cuka putih hasil penyulingan. Dia kemudian merendam mentimun dalam larutan air cuka selama sekitar 15 menit. Mengapa? Larutan cuka dan air buatan sendiri bisa lebih efektif daripada larutan pencuci produk yang dibeli di toko, seperti yang dikatakan Megan Roosevelt, ahli gizi dan pendiri Healthy Grocery Girl., dikutip dari Well+Good, pada 27 Maret 2023

Langkah ekstra ini, meskipun tidak sepenuhnya diperlukan, berpotensi membantu menghilangkan lebih banyak pasir seperti yang mungkin dilakukan pada stroberi segar jika dalam kondisi kotor.

Setelah direndam, Venkov menyaring dan membilas mentimun sekali lagi. Kemudian, ia menyiapkan beberapa wadah kedap udara yang bersih dan mengisinya dengan air bersih. Terakhir, Venkov memasukkan mentimun ke dalam stoples berisi air, menutupnya rapat-rapat, dan menyimpannya di kulkas. Hasilnya adalah mentimun yang renyah dan segar selama lebih dari seminggu.

Mengapa Mentimun Perlu Direndam dalam Air?

Mentimun pada dasarnya identik dengan H2O-terdiri dari sekitar 96 persen air. Ini berarti bahwa selain dari sifat-sifatnya yang sangat menghidrasi, anti-inflamasi, dan antioksidan, mentimun juga memiliki kemampuan bawaan untuk menjadi lembek dalam sekejap mata saat disimpan di laci bahan makanan.

Itulah mengapa menyimpan mentimun dengan cara merendamnya di dalam air dapat membantu mengawetkannya dan menjaganya agar tidak mengering karena sistem pendingin kulkas yang keras selama lebih dari seminggu.

Kunci untuk melakukan trik ini adalah mengganti airnya setiap beberapa hari sekali untuk mengurangi risiko kontaminasi atau pertumbuhan bakteri. Dan, teknik penyimpanan dengan merendam dalam air  juga bisa diterapkan pada wortel dan seledri.

Pilihan Editor: 5 Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan Tubuh, Menghidrasi hingga Cegah Peradangan

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."