International Women's Day, Simak 6 Tips Perempuan Pekerja dalam Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan dengan sahabatnya di tempat kerja. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Peringai International Womens Day, mulailah lebih aware pada masalah kecemasan di tempat kerja dapat menyerang siapa saja, namun lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki karena mereka sering kali harus berpindah-pindah antara tanggung jawab pekerjaan dan rumah. 

Terutama ketika mereka memiliki beban kerja yang lebih berat daripada yang dapat mereka tangani dalam jangka waktu jam kerja mereka, manajer yang tidak masuk akal, atau jam kerja yang panjang, wajar jika kecemasan di tempat kerja mulai muncul dan mulai memengaruhi kesehatan mental mereka. 

Kadang-kadang kecemasan di tempat kerja juga bisa berasal dari perlakuan tidak adil di tempat kerja yang berdasarkan gender atau stereotip, perempuan mungkin diremehkan, tidak diberi tanggung jawab yang mampu mereka lakukan, atau menjadi sasaran perilaku agresif. Semua faktor ini dapat berdampak besar pada harga diri dan kesehatan mental seseorang yang dapat bermanifestasi sebagai kecemasan di tempat kerja.

Dalam hal mengelola beban kerja, manajemen waktu dan mengidentifikasi jam produktif adalah kuncinya. Ini tidak hanya akan memberi Anda waktu me-time, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengurangi kecemasan. Ketika berhadapan dengan manajer yang meremehkan pekerjaan Anda atau membuat Anda berperilaku agresif, menetapkan batasan, dan bersikap asertif adalah hal yang penting. 

Penting bagi perempuan untuk menetapkan batasan, meluangkan waktu untuk perawatan diri, dan percaya diri dengan kemampuan mereka untuk mengatasi kecemasan di tempat kerja.

Dr Jyoti Kapoor, Founder-Director dan Psikiater Senior, Manasthali, dalam wawancara dengan HT Digital berbagi tips efektif bagi perempuan pekerja untuk mengatasi kecemasan di tempat kerja.

1. Tetapkan rutinitas perawatan diri

Penting bagi perempuan pekerja untuk memprioritaskan perawatan diri guna menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Menetapkan rutinitas perawatan diri, termasuk olahraga teratur, tidur yang cukup, dan momen relaksasi, dapat mengurangi stres dan kecemasan secara signifikan. Merawat diri sendiri tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan tetapi juga meningkatkan kemampuan untuk mengatasi tantangan di tempat kerja dengan pikiran jernih dan fokus.

2. Manajemen waktu

Kembangkan keterampilan manajemen waktu yang kuat untuk mengoptimalkan produktivitas dan meminimalkan stres. Prioritaskan tugas, tetapkan tujuan yang realistis, dan bagi proyek menjadi langkah-langkah yang dapat dikelola. Membuat jadwal yang terorganisir dengan baik memungkinkan perempuan pekerja mengalokasikan waktu secara efisien, sehingga mengurangi tekanan yang terkait dengan tenggat waktu yang ketat.

3. Menetapkan batasan

Menetapkan batasan sangat penting untuk menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Komunikasikan secara jelas harapan dengan rekan kerja dan atasan mengenai jam kerja dan komitmen pribadi.

4. Dukungan yang kuat

Membangun jaringan dukungan yang kuat sangat berharga untuk mengatasi kecemasan di tempat kerja. Kelilingi diri Anda dengan kolega, mentor, dan teman yang memahami dan menghargai upaya Anda. Berbagi pengalaman, mencari nasihat, dan menerima dorongan dari orang lain dapat memberikan rasa persahabatan, membuat tempat kerja lebih menyenangkan dan mengurangi stres.

5. Bersikap asertif

Kembangkan ketegasan dalam interaksi profesional untuk mengomunikasikan kebutuhan, ide, dan kekhawatiran secara efektif. Dengan mengekspresikan diri secara jelas dan percaya diri, perempuan pekerja dapat membina hubungan kerja yang positif, mengurangi kesalahpahaman, dan meningkatkan pengalaman profesional mereka secara keseluruhan.

6. Tetap proaktif

Tetap proaktif dalam memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru yang relevan dengan bidang Anda. Pembelajaran berkelanjutan tidak hanya meningkatkan kompetensi profesional tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri. Merasa sangat siap dan kompeten dalam peran Anda dapat mengurangi kecemasan di tempat kerja dan memberdayakan perempuan pekerja untuk menghadapi tantangan dengan pola pikir berkembang.

Pilihan Editor: Happy International Women's Day, Mengulik Sejarah Panjang Hari Perempuan Sedunia

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."