Ketahui Penyebab Kerutan di Bibir beserta Cara Menyamarkannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merawat area bibir. Freepik.com

Ilustrasi wanita merawat area bibir. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring pertambahan usia, beberapa perubahan di kulit tak bisa dihindari termasuk kerutan. Bicara soal kerutan, tak hanya akan muncul di area mata atau leher, tapi juga di bibir. Penuaan adalah salah satu penyebab utama kerutan di bibir, biasanya dimulai dari bagian atas. Selain itu ada faktor-faktor lainnya yang perlu diperhatikan. Yuk, kita kulik bersama penyebab kerutan di bibir beserta cara mengatasi dan mencegahnya.

Penyebab Kerutan di Bibir

Seiring waktu, kulit secara bertahap memproduksi lebih sedikit kolagen dan elastin, dua protein yang memberikan struktur dan elastisitas kulit Anda, menurut dokter kulit bersertifikat Tiina Meder. Akibatnya, kulit menjadi lebih tipis dan kehilangan kekencangannya, sehingga memicu berbagai garis dan kerutan di wajah Anda, termasuk kerutan di bibir.

Meskipun penyebab kerutan di bibir atas sama untuk semua kerutan, dokter kulit bersertifikat Terrence Keaney mengatakan area bibir itu unik karena bisa dibilang merupakan permukaan kulit paling aktif. Organ ini baik saat Anda berbicara, menyesap, makan, atau tertawa, kulit di sekitar mulut Anda hampir selalu bergerak. Kombinasi pergerakan bibir dan penuaan termasuk pemicu utama pembentukan garis bibir, awal mula kerutan.

Menurut dokter Keaney, paparan sinar matahari kronis adalah penyebab lain kerutan di bibir atas yang sering diabaikan. Ini mempercepat degradasi kolagen dan elastin kulit, jadi sangat penting untuk meluangkan beberapa detik untuk mengaplikasikan tabir surya wajah  atau lip balm dengan SPF. Dampak sinar matahari pada kulit kita bisa sama besarnya dengan efek merokok. 

Usia Berapa Mengalami Kerutan di Bibir?

Jawaban atas pertanyaan di atas adalah bervariasi. Meskipun gejala tersebut muncul seiring pertambahan usia, pilihan gaya hidup Anda mungkin memengaruhi apakah gejala tersebut muncul lebih awal dari perkiraan. Menurut dokter Keaney, wanita sering kali melihat garis bibir lebih awal dibandingkan pria, terutama mereka yang berkulit cerah, punya riwayat merokok, atau terkena paparan sinar matahari berlebihan.

“Dalam pengalaman praktik saya, kerutan di bibir atas mulai muncur berkisar antara usia 35 hingga 55 tahun,” katanya dikutip dari Well+Good, Senin, 26 Februari 2024.

Sementara itu, dokter kulit bersertifikat Naana Boakye mengatakan bahwa kerutan pada bibir atas mungkin muncul pada awal usia 20-an. Di sisi lain, dokter Meder mengatakan kerutan di bibir biasanya muncul pasca-menopause, sekitar pertengahan tahun 60-an atau awal 70-an. Meski berbeda pendapat, semua ahli sepakat bahwa paparan sinar matahari, merokok, dan gerakan wajah berulang-ulang dapat mempercepat timbulnya kerutan pada bibir atas.

Di halaman selanjutnya, cara menyamarkan kerutan di bibir dan cara mencegahnya lebih buruk

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."