Ketahui Penyebab Kerutan di Bibir beserta Cara Menyamarkannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita merawat area bibir. Freepik.com

Ilustrasi wanita merawat area bibir. Freepik.com

IKLAN

Cara Menyamarkan Kerutan di Bibiir

Perlu kita ketahui bersama tidak ada cara menghilang kerutan di bibir karena itu bagian alami dan keniscayaan yang terjadi saat pertambahan usia. Namun, ada perawatan untuk menyamarkan kerutan di bibir atau mencegahnya memburuk. Untuk hasil terbaik dalam mengatasi kerutan bibir, dpkter Keaney menyarankan terapi kombinasi, yang kedengarannya mewah tetapi berarti mengambil lebih dari satu pendekatan untuk mengobatinya. Berikut beberapa perawatan untuk menyamarkan kerutan di bibir menurut ahli.

1. Perawatan topikal

Perawatan kerutan bibir yang paling mudah dan terjangkau? Produk perawatan kulit yang baik seperti retinoid. Meskipun retinoid topikal membantu mengurangi kedalaman kerutan dan memperbaiki penampilannya, dokter Meder memperingatkan bahwa retinoid dapat menyebabkan iritasi atau kekeringan dan berpotensi meningkatkan risiko hiperpigmentasi.

Sebaliknya, dokter Meder merekomendasikan penggunaan serum atau pelembap yang mengandung peptida penguat kulit dan asam hialuronat yang menghidrasi, dilengkapi dengan terapi cahaya LED sesekali dan perangkat wajah arus mikro.

“Strategi aman ini dapat menghasilkan perbaikan penampilan kulit yang terlihat dan alami, meski tidak menghilangkan kerutan,” jelasnya.

Untuk menentukan apakah retinoid yang terbaik untuk menyamarkan kerutan di bibir, sebaiknya hubungi dokter kulit Anda yang memahami kulit Anda dan mendapatkan perawatan yang dipersonalisasi.

2. Botox

Juga dikenal sebagai toksin botulinum, botox adalah protein neurotoksik yang dapat disuntikkan yang digunakan dalam prosedur kosmetik untuk mengendurkan otot dengan memblokir sinyal saraf, menurut dokter. Boakye. Relaksasi otot sementara ini menghasilkan efek menghaluskan kulit, meminimalkan munculnya kerutan dan garis halus.

Untuk mengatasi kerutan di bibir atas, ahli menyuntikkan racun pada otot di sekitar mulut untuk mengurangi 'garis lipstik atau garis perokok yang muncul akibat kerutan pada bibir, kata Dr. Boakye. Meskipun hasilnya bervariasi dari orang ke orang, dia mencatat bahwa efek pada bibir atas biasanya bertahan sekitar tiga hingga enam bulan.

3. Filler

Jika botox bekerja dengan mengendurkan otot, filler bisa berperan menambah volume. Dokter Keaney menyarankan untuk mempertimbangkan filler ang disetujui FDA untuk mengisi kerutan bibir atas yang mungkin bertahan hingga satu tahun. 

4. Pelapisan Kulit dengan Laser

Dr Keaney juga menyarankan pelapisan ulang kulit dengan laser sebagai pengobatan pencegahan terhadap kerutan bibir atas.

“Penggunaan laser pelapisan ulang kulit setiap tahun sebelum munculnya kerutan pada bibir efektif memperlambat perkembangan garis bibir yang membandel,” katanya.

Tergantung pada tingkat keparahan kerutan di bibir Anda, dokter kulit Anda mungkin menyarankan perawatan laser fraksional non-ablatif untuk kerutan ringan hingga sedang atau terapi laser ablatif penuh untuk kasus yang lebih parah.

5. Pengelupasan Kimia

Pengelupasan kimiawi juga bisa jadi termasuk pilihan menyamarkan kerutan di bibir. Perawatan kosmetik ini melibatkan pengaplikasian larutan kimia pada kulit untuk mendorong peremajaan kulit melalui pengelupasan dan pengelupasan kulit.

Jika digunakan pada bibir atas, chemical peeling dapat merangsang produksi kolagen dan membantu mengurangi kerutan dan garis halus sehingga menghasilkan tekstur yang lebih halus.

6. Microneedling

Microneedling adalah prosedur kosmetik yang menggunakan alat yang dilengkapi jarum halus untuk membuat tusukan kecil di kulit, menurut dokter Boakye. Proses ini menstimulasi respons penyembuhan alami tubuh dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang membantu elastisitas kulit.

Untuk kerutan pada bibir atas, microneedling dapat memperbaiki tekstur kulit di sekitar bibir. Microneedling juga memungkinkan produk terserap lebih cepat ke dalam kulit. Microneedling biasanya dilakukan langsung pada kulit di sekitar bibir. Hasil dapat bervariasi tergantung pada usia dan kedalaman kerutan bibir.

7. Dermabrasi

Dermabrasi menghilangkan epidermis untuk memperbaiki tekstur dan penampilan kulit dengan mengatasi masalah seperti kerutan, bekas luka, dan pigmentasi yang tidak merata, menurut dokter Boakye.

Cara Mencegah Kerutan di Bibir Lebih Buruk

Saran ini mungkin kedengarannya seperti rekaman rusak, tapi ini solusi utama yaitu dengan memprioritaskan perlindungan terhadap sinar matahari dengan SPF minimal 30, menghindari merokok sama sekali, dan menjaga rutinitas perawatan kulit Anda. Dokter Meder juga merekomendasikan diet seimbang, olahraga teratur, dan tidur yang cukup.

Menemukan kerutan di bibir atau kerutan apa pun adalah hal yang wajar dan tidak bisa dihindari dalam hidup. Namun, tidak masalah juga jika Anda ingin memperhalus tampilan garis bibir atau mencoba menunda pembentukannya. Rutinitas perawatan kulit yang solid dan sederhana dengan SPF adalah trik terbaik yang harus ada dalam perangkat Anda. Namun, jika Anda tidak puas dengan hasil dari pendekatan perawatan kulit saja, bicarakan dengan dokter kulit bersertifikat yang dapat memberi tahu Anda pilihan lebih lanjut seperti laser atau filler.

Pilihan Editor: Ketahui Penyebab Kerusakan Lapisan Pelindung Bibir dan Cara Mengatasinya

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."