4 Manfaat Minuman Fiber, Menjaga Berat Badan Hingga Turunkan Kolesterol

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Minuman fiber/istimewa

Minuman fiber/istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minuman fiber semakin mudah didapatkan masyarakat. Jenis minuman ini bisa memberikan sensasi kenyang lebih lama. Namun, tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari minum minuman fiber.

Serat adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang mengandung serat, mulai dari buah, sayur, hingga minuman yang ditambahkan serat di dalamnya. Minuman ini dikenal dengan nama minuman fiber (fiber drink).

Laman resmi Alodokter, menyebutkan beberapa manfaat minuman fiber, seperti: 

Minuman fiber dinilai praktis dan bisa diminum kapan saja. Hal ini tidak lepas dari bentuknya yang cair dan tersedia dalam kemasan sekali minum. Jadi, manfaatnya juga digadang-gadang bisa diperoleh dengan lebih cepat.

Manfaat Minuman Fiber

Berikut ini adalah beberapa manfaat serat dalam minuman fiber yang bisa kamu peroleh:

1. Menurunkan kolesterol

Dalam darah, terdapat kolesterol jahat (LDL) yang bisa membentuk plak di lapisan dalam pembuluh darah, memicu terjadinya penyumbatan, dan selanjutnya meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung. Serat di dalam minuman fiber bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Salah satu mekanismenya adalah dengan mencegah penyerapan lemak di dalam saluran pencernaan. Lemak yang tidak diserap ini selanjutnya akan dibuang. Dengan begitu, kadar kolesterol akan menurun.

2. Mencegah diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan kondisi ketika kadar gula dalam darah seseorang terlalu tinggi akibat insulin tidak bekerja dengan optimal atau jumlahnya tidak cukup. Hal inilah yang menyebabkan gula di dalam darah tidak bisa diolah menjadi energi.

Kadar gula darah yang terus-menerus tinggi akan merusak sel dan jaringan. Hal ini bisa memicu terjadinya sejumlah komplikasi, mulai dari luka yang sulit sembuh hingga gangguan ginjal. Mengonsumsi minuman berserat, termasuk minuman fiber, bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Dengan begitu, risiko terjadinya diabetes tipe 2 bisa diturunkan.

3. Mengatasi dan mencegah sembelit

Manfaat minuman fiber laina adalah untuk mengatasi dan mencegah sembelit.  Bukan rahasia lagi, salah satu manfaat minuman fiber yang paling terkenal adalah mencegah dan mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Ini karena kandungan seratnya bisa memadatkan massa tinja dan melunakkannya sehingga lebih mudah dikeluarkan.

4. Menjaga berat badan

Pernah dengar klaim minuman fiber bisa menurunkan berat badan? Hal ini bukan tanpa alasan, lho. Faktanya, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat bisa memberikan sensasi rasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, keinginan untuk mengonsumsi camilan dalam jumlah berlebih bisa berkurang. Namun, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan berat badan ideal, kamu harus tetap mengonsumsi makanan sehat lainnya dan berolahraga secara rutin.

Pilihan Minuman Fiber

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat harus memperhatikan beberapa aspek seperti aktif bergerak, menjaga pola tidur, dan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

Berikut beberapa rekomendasi minuman fiber yang bisa jadi pillihan.

1. FibreFirst

Suplemen tinggi serat ini mengandung serat premium, ekstrak buah dan sayur asli, menggunakan pemanis stevia, dan rendah kalori. Minuman fiber FibreFirst dianggap aman untuk dikonsumsi setiap hari dan dapat membantu menjaga kesehatan kamu.

Selain meningkatkan kesehatan pencernaan, FibreFirst juga dapat membantu mengontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Cukup minum FibreFirst sehari sekali di malam hari. 
FibreFirst tidak menimbulkan mulas melilit saat melakukan “pembuangan”.

2.FemmyFyber

Minuman serat rendah kalori ini dapat membantu pencernaan lancar, membersihkan usus, serta mendukung penurunan berat badan. Femmy Fyber juga berperan sebagai vitamin C dan vitamin D untuk kesehatan pencernaan dalam mencegah sembelit.

3. Balans Active

Minuman fiber ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Produk ini dibuat juga untuk memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mengontrol nafsu makan dan mendukung program diet. Balans Active rendah kalori dan tinggi kalsium serta dapat dikonsumsi 1-2 saset sehari sesuai kebutuhan. Kamu dapat menyesuaikan budget dan kebutuhan sebelum membelinya.

Apa minuman fiber favoritmu? 

Pilihan Editor: Pencernaan Lebih Sehat dengan 4 Cara Detoks Berikut Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."