Tips Menjaga Kesehatan Otak Agar Tetap Muda di Tempat Kerja, Tidur Berkualitas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita bekerja dalam kondisi cemas. Foto: Unsplash.com/Icons8 Team

Ilustrasi wanita bekerja dalam kondisi cemas. Foto: Unsplash.com/Icons8 Team

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bukan rahasia lagi bahwa mempertahankan kesehatan otak yang anti penuaan atau awet muda dan sehat sangat penting untuk kinerja optimal dan kesejahteraan secara keseluruhan di lingkungan kerja yang serba cepat saat ini yang mengharuskan kita untuk selalu waspada dari jam 9 hingga jam 5, di tengah persaingan yang sangat ketat.

Jika Anda bertanya-tanya tentang pendekatan holistik apa yang harus diterapkan seseorang untuk memelihara kesehatan otak mereka dan berkembang di lingkungan kerja yang dinamis,simak tips menjaga kesehatan otak dalam ulasan berikut ini.

Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifestyle, Sonal Arora, Country Manager di Gi Group Holding India, menganjurkan tempat kerja yang memupuk pikiran yang bersemangat. Menerapkan budaya pembelajaran berkelanjutan, kolaborasi lintas fungsi, dan keberagaman tidak hanya berdampak dari sudut pandang bisnis bagi organisasi namun juga membantu kita tetap tangkas sebagai individu. Tetap aktif secara fisik, membuat pilihan nutrisi yang tepat, dan menerapkan kewaspadaan membantu mengelola stres dan meningkatkan ketahanan mental. 

"Langkah-langkah tersebut sangat bermanfaat dan dapat membantu anggota tim berkembang selama perjalanan profesional mereka. Dorong pendekatan holistik ini untuk menciptakan lingkungan yang membantu membuka inovasi, meningkatkan produktivitas, dan vitalitas kognitif jangka panjang.”

Menurut Atul Tiwari, Chief HR Officer di Spice Money, dengan memprioritaskan kesejahteraan kognitif (tubuh, pikiran, dan jiwa), dapat membantu seseorang mendapatkan ramuan pikiran awet muda di tempat kerja Anda. Ia menyarankan, “Peliharalah vitalitas otak Anda melalui simfoni praktik yang penuh kesadaran. Meditasi adalah alat yang terbukti untuk ini. Latih otot mental dengan beragam tugas, memupuk kemampuan beradaptasi dan ketahanan. Terlibat dalam pembelajaran seumur hidup, memupuk  pengetahuan yang terus berkembang. Prioritaskan tidur berkualitas agar proses rumit otak dapat diremajakan dan memperkuat fungsi kognitif.”

Dia menambahkan nikmati nutrisi dari makanan yang seimbang, berikan otak Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk kinerja berkelanjutan. Integrasikan momen penuh perhatian ke dalam hari kerja Anda dengan lancar, biarkan pikiran Anda terisi ulang di tengah kesibukan. Kembangkan hubungan sosial, karena interaksi yang bermakna merangsang kesehatan kognitif. 

"Cara menyenangkan untuk melindungi otak Anda adalah dengan tertawa. Terakhir, selaraskan pekerjaan dan waktu luang, seimbangkan tantangan dengan momen relaksasi, ciptakan ritme  yang membuat otak tetap lincah dan bersemangat.”

Menyadari peran penting pikiran yang bersemangat dan tangguh dalam kesejahteraan karyawan secara keseluruhan, Mugdha Mahambrey, Asisten Manajer Umum – Sumber Daya Manusia di Chalet Hotels Limited, menyarankan secara konsisten fokus pada pengintegrasian praktik sederhana namun berdampak ke dalam rutinitas kerja sehari-hari.

"Prioritaskan waktu istirahat yang teratur, lakukan aktivitas yang menstimulasi, bina lingkungan kerja yang positif, dan laksanakan pembelajaran berkelanjutan yang merupakan komponen penting untuk membantu kami berkontribusi dalam menciptakan pemikiran muda dan tangkas."

Pilihan Editor: Olahraga 10 Menit Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak Menurut Studi

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."