5 Tips agar Visa Schengen Disetujui dan Selesai Tepat Waktu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi visa (pixabay.com)

ilustrasi visa (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berencana liburan ke beberapa negara di Benua Eropa, mengantongi visa Schengen salah satu syarat wajib wisatawan. Sebagai informasi visa Schengen merupakan visa untuk memasuki 27 negara yang ada di Eropa, yakni Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Perancis, Yunani, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Austria, Polandia, Portugal, Swedia, Slowakia, Slovania, Spanyol, Republik Ceko, Hungaria, Kroasia.

Umumnya butuh waktu sekitar 15-21 hari untuk mengurus visa ini, tetapi tak ada yang tahu apakah bisa mendapatkannya tepat waktu sebelum keberangkatan. Tingkat penerimaan aplikasi visa berbeda-beda setiap waktu. 

Berikut sejumlah tips agar visa Schengen disetujui dan bisa selesai tepat waktu. 

1. Ajukan visa ke negara yang akan dikunjungi paling lama

Bila merencanakan perjalanan ke beberapa negara di kawasan wilayah Schengen, wisatawan harus mengajukan permohonan visa ke negara tempat akan menghabiskan waktu paling lama. Jadi, jika merencanakan perjalanan 10 hari ke Swiss dan 2 hari di Islandia, pengajuan visa harus ke Swiss.

Bisa juga mengajukan visa ke negara pertama dikunjungi jika periode tinggal di masing-masing negara sama. Wisatawan tidak dapat sembarangan mengajukan visa ke negara yang proses pengajuannya paling mudah atau tingkat penolakannya paling rendah.

2. Ajukan minimal tiga bulan sebelum keberangkatan

Meski durasi pengajuan visa berkisar 15 hari, lamanya proses sampai disetujui bisa beragam tergantung dari kedutaan masing-masing negara. Sebab, pengajuan visa ke negara Schengen terbilang sangat tinggi.

Tahap yang paling lama biasanya adalah untuk mendapatkan slot janji temu atau wawancara dengan kedutaan negara yang dituju. Oleh karena itu, usahakan mengurus visa tiga bulan sebelum keberangkatan agar punya waktu lebih panjang. 

Jika pernah bepergian ke negara Schengen mana pun dalam empat tahun terakhir dan memberikan biometrik untuk proses visa, proses akan lebih mudah.

3. Minta email konfirmasi pemesanan hotel

Menurut agen perjalanan, pemesanan palsu akomodasi menjadi salah satu alasan terbesar mengapa negara bagian Schengen menolak permohonan visa. Nihal Daswani, salah satu pendiri EASA, sebuah perusahaan yang menyediakan solusi visa menyeluruh di India, menyarankan untuk melakukan upaya ekstra.

“Pesan hotel dan penerbangan sebelum mengajukan permohonan visa. Tetapi hubungi juga masing-masing hotel dan minta mereka mengirimi surat dengan kop surat resmi mereka, yang menyatakan bahwa pemesanan Anda telah dikonfirmasi dan tidak dapat dikembalikan.”

Untuk karyawan, dapatkan surat keterangan dari perusahaan yang menyatakan bahwa kantor telah memberi izin untuk bepergian.

4. Punya asuransi perjalanan 

Negara-negara Schengen mencantumkan syarat asuransi perjalanan dengan nilai jaminan minimal 30 ribu Euro (sekitar Rp480 juta). Polis asuransi perjalanan tersebut juga harus berlaku untuk seluruh periode perjalanan di wilayah Schengen. Salinan polis asuransi perjalanan perlu dilampirkan dalam permohonan visa, serta polis asli juga diperlihatkan saat sesi wawancara.

5. Pastikan tabungan cukup

Saldo bank sering kali jadi alasan pengajuan visa ditolak. Di setiap negara, terdapat persyaratan minimum dana yang harus dimiliki wisatawan di rekening bank mereka. Jumlah ini berfungsi sebagai bukti kemampuan finansial atau penghidupan. Misalnya, untuk mengunjungi Austria, wisatawan memerlukan minimal 100 Euro per hari (sekitar Rp1,6 juta), Jerman memerlukan 45 Euro per hari dan Prancis meminta untuk mempertahankan 65 Euro (Rp745 ribu). 

Jadi, pastikan punya saldo yang cukup selama enam bulan dan menghindari transfer pihak ketiga segera sebelum mengajukan permohonan visa Schengen.

Jika ingin praktis, ajukan visa melalui VFS, tentu dengan biaya tambahan. VFS menawarkan pilihan membuat janji temu ke Premium Lounge. Layanan ini menawarkan keuntungan bagi wisatawan seperti pemrosesan yang lebih cepat. Namun visa Yunani ditangani oleh Global Visa Center World dan bukan VFS, serta tidak menawarkan opsi Premium Lounge di situs web. 

Wisatawan juga bisa mendapatkan janji temu langsung untuk visa Swedia. Berdasarkan pengalaman Nihal, pusat visa Swedia biasanya akomodatif karena permintaan perjalanan ke negara tersebut lebih sedikit. 

Semoga tips agar visa schengen bisa disetujui di atas bisa membantu Sahabat Cantika yang akan bepergian ke Benua Biru.

Pilihan Editor: Mulai Tahun 2024 Wisatawan ke Malaysia Wajib Isi MDAC, Begini Caranya

MILA NOVITA | CN TRAVELLER | SCHENGENVISA INFO

 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."