6 Perkembangan Anak yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi orang tua bermain dengan anak. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi orang tua bermain dengan anak. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Praktisi psikologi anak usia dini dari Universitas Indonesia, Aninda, menyampaikan bahwa dalam merawat bayi, para orang tua perlu menerapkan pendekatan pengasuhan yang berfokus pada berbagai aspek perkembangan anak yang sesuai dengan tahapan usianya. Pola pemantauan ini kerap disebut 'smart parenting'.

Menurut Aninda, dalam psikologi perkembangan anak, terdapat enam aspek yang penting, yaitu fisik, motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memastikan bahwa semua aspek ini terpenuhi dalam perawatan anak mereka.

Aninda menjelaskan bahwa smart parenting memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak, sehingga memungkinkan mereka berkembang secara optimal sesuai dengan usia mereka. Selain itu, pendekatan ini juga memungkinkan orang tua untuk memahami karakteristik individu anak mereka, sehingga mereka dapat merawat anak sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian masing-masing.

Anak yang tumbuh dengan pendekatan pengasuhan yang cerdas juga memiliki potensi untuk menjadi anak yang bahagia karena kebutuhan mereka terpenuhi dengan baik. Mereka juga cenderung memiliki IQ dan EQ yang baik secara kognitif dan sosial, serta memiliki kedisiplinan karena terbiasa dengan rutinitas yang terstruktur.

Pendekatan smart parenting tidak hanya berdampak pada anak, tetapi juga pada ibu dengan mengurangi tingkat stres karena mereka mengikuti pola asuh yang sesuai dengan perkembangan dan karakter anak mereka, bukan sekadar mengikuti standar yang ditetapkan oleh lingkungan sekitarnya. Aninda juga menambahkan bahwa pendekatan ini secara tidak langsung membantu ibu untuk menetapkan batasan dengan citra 'ibu sempurna' yang sering muncul di media sosial, sambil lebih memahami kebutuhan diri mereka sendiri dalam proses merawat anak.

Smart parenting juga memainkan peran penting dalam memastikan bahwa seorang ibu tetap dapat merawat dirinya sendiri dengan melakukan self-care. Rutinitas yang dibangun melalui pendekatan smart parenting juga dapat membantu meredakan kelelahan mental yang dialami oleh ibu.

Aninda juga menekankan bahwa dengan pendekatan pengasuhan yang cerdas, ibu dapat merawat anak mereka dengan cara yang lebih modern dan positif. Dia juga membagikan beberapa tips praktis dalam menjalani pola asuh pintar, seperti menyusui sambil bercerita, menggendong bayi sambil mendengarkan musik, bermain di depan cermin untuk meningkatkan kemampuan sosial, merangsang fisik dengan pijatan, serta menghargai keunikan dan keistimewaan setiap bayi.

Pilihan Editor: Kenali Keterlambatan Perkembangan Anak, Ini Tindakan Tepat untuk Orang Tua

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."