7 Manfaat Makan Jamur untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jamur putih. Shutterstock

Ilustrasi jamur putih. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jamur enak disantap sebagai hidangan utama atau camilan gurih. Selain itu, sarat gizi yang baik untuk tubuh mulai dari antioksidan, protein, vitamin D dan B6, selenium serta mineral. Jamur juga rendah kalori dan natrium. Berkat sederet kandungan baik itu, makan jamur bisa membantu menjaga berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol hingga menstimulasi kesehatan usus. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita telusuri manfaat makan jamur.

"Semua nutrisi dalam jamur membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat,” kata Geetika Bajaj, Ahli Nutrisi dan Konsultan Manajemen Gaya Hidup dikutip dari Hindustan Times, Senin, 29 Januari 2024.

Berikut sejumlah manfaat makan jamur menurut yang perlu diketahui. 

1. Mengurangi Risiko Kanker

Selain memiliki sifat antikanker, makan jamur juga dikaitkan dengan meminimalkan efek samping seperti mual, penekanan sumsum tulang, anemia, dan insomnia, serta menurunkan resistensi obat setelah kemoterapi dan terapi radiasi.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dua jamur sehari (sekitar 18g) memiliki risiko kanker 45 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan jamur. Di Cina dan Jepang, jamur obat digunakan sebagai tambahan dalam pengobatan kanker.

2. Mengurangi Asupan Natrium

Untuk mengurangi asupan natrium, pertimbangkan untuk menambahkan jamur ke dalam makanan Anda. Jamur secara alami rendah natrium dan satu cangkir jamur kancing putih hanya mengandung lima miligram natrium. Jamur menawarkan rasa gurih yang bisa mengurangi kebutuhan garam tambahan dan menjaga tekanan darah Anda tetap rendah.

Ilustrasi jamur shitake, Freepik.com/Devmaryna

3. Melindungi Kesehatan Otak

Mengonsumsi jamur juga dapat meningkatkan kemampuan otak Anda. Jamur tertentu telah dikaitkan dengan segala hal mulai dari peningkatan fungsi neurotransmitter, menurunkan peradangan dan stres oksidatif di otak, serta mendukung pertumbuhan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak.

4. Merangsang Usus Lebih Sehat

Salah satu cara menjaga kesehatan usus adalah dengan merangsang pertumbuhan bakteri sehat di ruang tersebut dengan penggunaan prebiotik, seperti jamur. Penelitian menunjukkan bahwa polisakarida jamur, karbohidrat paling melimpah di dalamnya, merangsang pertumbuhan bakteri sehat.

5. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Jamur mengandung makronutrien yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut Dewan Jamur, sistem kekebalan tubuh Anda akan mendapat manfaat dari jamur yang nutrisinya termasuk selenium yang membantu tubuh Anda membuat enzim antioksidan untuk mencegah kerusakan sel.

6. Sumber Vitamin D

Jamur adalah salah satu dari sedikit sumber makanan yang prekursor Vitamin D-nya terdapat secara alami. Ergosterol, ditemukan dalam jamur (21-107 mg/100 gm) diubah menjadi ergokalsiferol atau Vitamin D2 melalui paparan sinar ultraviolet atau UV

7. Bantu Menurunkan Kolesterol

Makan jamur telah terbukti memiliki beberapa khasiat terapeutik yang dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama pada orang dewasa yang kelebihan berat badan. Jamur juga menyumbangkan nutrisi dan senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah sel menempel pada dinding pembuluh darah dan membentuk penumpukan plak.

Pilihan Editor: 5 Alasan Jamur Jadi Makanan Sehat untuk Diet

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."