Cara Menyimpan Jamur agar Tidak Berlendir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jamur putih. Shutterstock

Ilustrasi jamur putih. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dengan rasa gurih, kaya umami, dan tekstur lembut serta lunak, jamur adalah makanan pokok vegetarian dan omnivora. Sayangnya, jamur membusuk cukup cepat karena kandungan airnya yang tinggi, jadi sebaiknya konsumsi segera setelah Anda membelinya. Bila Anda belum ingin mengolahnya segera, ketahui cara menyimpan jamur yang tepat, agar tidak berlendir.

Cara Menyimpan Jamur Utuh

Jika Anda membeli jamur kemasan, simpan seperti apa adanya. Kemasan aslinya harus sudah berventilasi agar tetap kering di lemari es.

Kalau tidak, cara terbaik untuk menyimpan jamur utuh adalah di dalam kantong kertas cokelat yang dilapisi handuk kertas. Tidak perlu menutup kantong dengan rapat, karena aliran udara akan membantu jamur tetap kering.

Jamur yang sudah tinggi kadar airnya melepaskan kelembapan saat didiamkan, sehingga membutuhkan kemasan penyerap agar tetap segar.

Pastikan untuk tidak mencuci jamur sampai sesaat sebelum digunakan, karena kelebihan air akan menyebabkan jamur lebih cepat membusuk. Simpan jamur di lemari es agar lebih segar lebih lama. Disimpan dengan cara ini, jamur utuh bisa bertahan hingga satu minggu.

Cara Menyimpan Irisan Jamur

Sama seperti jamur utuh, yang terbaik adalah menyimpan irisan jamur, yang belum dicuci, di dalam kantong kertas cokelat yang dilapisi tisu. Jika sudah dikemas sebelumnya saat dibeli, biarkan irisan jamur di wadah aslinya. Irisan jamur yang disimpan di kulkas kemungkinan besar akan bertahan selama empat hingga lima hari.

Bisakah Membekukan Jamur?

Jawabannya, bisa. Namun, membekukannya akan memengaruhi tekstur jamur yang dicairkan secara signifikan, jadi jangan mengharapkan hasil akhir yang sama dengan yang tak dibekukan atau diolah langsung setelah dibeli. Untuk membekukan, bersihkan jamur, lalu simpan di dalam kantong kedap udara yang aman untuk freezer atau wadah penyimpanan makanan. Disimpan dengan benar, jamur akan bertahan di dalam freezer selama sekitar dua bulan.

Pilihan Editor: Manfaat Makan Jamur Setiap Hari, Bantu Penuhi Kekurangan Vitamin D dan Serat

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."