Amankah Anak Remaja Mulai Bentuk Otot dengan ke Gym?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi remaja (pixabay.com)

Ilustrasi remaja (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa masyarakat yang percaya bahwa anak remaja tidak perlu ke tempat kebugaran alias gimnastik untuk membentuk otot mereka, agar kekar seperti kebanyakan binaragawan. Padahal menurut Health & Nutrition Specialist of Nutrifood Research Center Lina Antono, selama pembentukan otot yang dilakukan anak remaja sehat dan tepat, kegiatan ke gimnastik untuk membentuk otot tidak ada masalah. Pembentukan otot itu pun tidak akan berisiko untuk tumbuh kembang si anak remaja. 

"Anak usia remaja aman untuk mulai membentuk massa otot dengan cara yang sehat, yaitu dengan memenuhi asupan protein sebagai pola makan sehat dan rutin berolahraga," kata dia melalui diskusi yang digelar daring, Kamis 25 Januari 2024.

Remaja yang datang ke pusat kebugaran demi membentuk otot mereka, akan mendapatkan banyak manfaat baik bagi tubuhnya. Latihan otot bermanfaat antara lain meningkatkan kebugaran, memperkuat tulang, meningkatkan massa otot, serta memperkuat otot yang penting untuk mendukung aktivitas harian dan mencegah cedera.

Walau begitu, Lina juga menyarankan agar para remaja ini didampingi untuk memulai latihan otot. Salah satu yang perlu dilakukan adalah dengan mengikuti program latihan serta berkonsultasi dengan instruktur untuk memahami gerakan yang tepat.

Selanjutnya, pada tahap awal memulai latihan, latihlah postur dan gerakan hingga tepat sebelum menggunakan beban tambahan. Mulailah secara perlahan dan tingkatkan secara bertahap baik dalam hal repetisi, set, beban tambahan, maupun jenis latihan yang dilakukan.

Lakukan gerakan pemanasan selama 5-10 menit sebelum memulai latihan otot, lalu lakukan pendinginan dengan gerakan peregangan atau latihan ringan setelah selesai latihan.

Selain latihan otot, kombinasikan jenis olahraga lain termasuk latihan aerobik seperti berlari, renang, dan sepeda dan latihan peregangan untuk meningkatkan kelenturan tubuh karena anak remaja disarankan untuk rutin beraktivitas fisik minimal 60 menit setiap harinya.

Pilihan Editor: 5 Tips Hidup Sehat untuk Remaja yang Sering Pegal dan Nyeri Pinggang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."