Rahasia Awet Muda Anggun, Makan dengan Sadar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Penyanyi Anggun C Sasmi dalam peluncuran High-End Brands by Shopee di Ritz Carlton pada 20 Januari 2024/Cantika-Mitra Tarigan

Penyanyi Anggun C Sasmi dalam peluncuran High-End Brands by Shopee di Ritz Carlton pada 20 Januari 2024/Cantika-Mitra Tarigan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Anggun Cipta Sasmi masih terlihat energik dan tentu saja awet muda di usianya yang nyaris 50 tahun. Anggun membagikan rahasianya tetap tampil segar dan awet muda.

Wanita keturunan Yogyakarta dan Kroya kelahiran 29 April 1974 itu mengatakan rahasianya tampil bugar dan awet muda adalah dengan konsumsi makanan yang cukup sederhana, yakni makan dengan porsi yang cukup.

“Aku enggak ada pantangan makan sama sekali, tapi, jangan keterlaluan juga, kalau misalnya hari ini makannya berat, besoknya jangan lagi. Jadi harus tahu diri dan ada keseimbangan,” kata 
Anggun dalam acara peluncuran High-End Brands by Shopee pada Sabtu 20 Januari 2023.

Soal makan, pelantun “Mantra” itu juga menerapkan mindful eating yang diajarkan dalam ilmu psikologi. Mindful eating adalah pola makan yang melibatkan kesadaran penuh saat makan. Artinya, ketika melahap makanan yang ada di atas meja, kita memperhatikan jenis makanan yang masuk ke mulut dan banyaknya makanan.

Tak hanya itu, mindful eating juga berarti melibatkan emosi saat merasakan makanan dan memahami isyarat tubuh yang menerima makanan. Dalam mindful eating, seseorang berkesempatan untuk memahami makanan yang menyehatkan, mendorong apresiasi yang lebih terhadap setiap makanan, setiap suapan, dan setiap bahan makanan.

Mindful eating merupakan teknik yang bisa membantu mengelola kebiasaan makan dengan lebih baik. Melansir Healthline, cara itu juga terbukti bisa menurunkan berat badan, mengurangi makan berlebihan, bahkan bisa mempengaruhi psikologis seseorang.

“Kadang kita makan bukan karena lapar, tapi bosan, jadi ,berusaha belajar dan tahu bahwa kita tuh sebenarnya tidak lapar. Jadi, kalau kita makan itu sedikit saja, sedikit tapi diresapi dan dinikmati, itu yang sebenarnya membuat semua asupan masuk bukan hanya ke raga, tapi, juga ke jiwa. Ini juga ada kaitannya dengan kesehatan mental,” Anggun menjelaskan.

Dengan menerapkan mindful eating, Anggun mengaku jadi lebih mencintai dan memahami tubuhnya sendiri. Dia pun memahami bahwa setiap menyantap makanan dan minuman manis, berat badan tubuhnya akan lebih cepat naik, sehingga dia pun menghindarinya.

Perihal olahraga, Anggun mengaku tidak rutin berolahraga, namun, sebisa mungkin dia melakukan aktivitas fisik bila ada kesempatan.

Misalnya, ia kerap memilih untuk menggunakan tangga ketimbang lift saat hendak menuju apartemennya di Paris, Perancis. “Saya enggak suka keringatan, enggak suka olahraga, satu-satunya olahraga yang enggak bikin keringatan kan berenang ya, tapi, saya enggak bisa berenang. Jadi sebisa mungkin saya aktif, ya. Kalau di Paris aku kemana-mana jalan kaki, tempat tinggalku di Paris kan di lantai lima ya, sebisa mungkin enggak pakai lift, atau pakai lift-nya hanya sampe lantai tiga, sisanya naik tangga,” kata Anggun.

Pilihan Editor: Gaya Anggun C Sasmi Gabungkan Gaya Rock dan Edgy

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."