4 Cara agar menjadi Orang yang Lebih Rapi dan Teratur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cewek menyortir isi lemari atau decluttering. Istimewa

Ilustrasi cewek menyortir isi lemari atau decluttering. Istimewa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjadi orang yang lebih rapi dan teratur bisa menjadi sebuah tantangan. Namun, bukan berarti tak mungkin. Membuat beberapa perubahan kecil dapat membantu kita lebih rapi. Berikut empat hal yang dapat kita lakukan setiap hari agar menjadi lebih rapi dan teratur.

1. Bangun Lebih Awal

Meskipun bangun lebih awal mungkin terdengar menakutkan untuk sejumlah orang, menurut Shantae Duckworth, penyelenggara profesional dan pendiri Shantaeize Your Space, Anda patut mencobanya.

"Cobalah bangun 20 menit lebih awal dari biasanya untuk memberikan diri Anda waktu atau beberapa menit untuk menyelesaikan beberapa hal kecil di sekitar kamar dapur, atau ruangan lainnua. Dengan begitu, Anda akan merasa memiliki kendali atas hari Anda dan hunian Anda," jelasnya dikutip dari Real Simple, 18 Januari 2024.

Cobalah bangun lebih awal selama seminggu, membereskan beberapa hal, dan lihat bagaimana pengaruhnya ke Anda. 

2. Mulai Menyiapkan dari Malam

Lindsey Mahanna, penyelenggara profesional dan pendiri Clutter to Clarity, menyarankan mulai bersiap untuk hari berikutnya pada malam sebelumnya. Pendekatan ini dapat membantu Anda mulai bekerja.

“Setiap malam, periksa kembali kalender keluarga Anda untuk hari berikutnya—apakah ada pakaian hari raya yang harus dicuci, makan siang yang harus dibuat, daging makan malam yang harus dicairkan, atau ransel yang harus dikemas? Apakah Anda perlu menyetel alarm atau pengingat di ponsel Anda untuk keesokan harinya saat membuang sampah atau mengajak anak-anak ke kelas dansa,” katanya. 

Bahkan jika Anda lajang melakukan sesuatu yang sederhana seperti mencuci piring setiap malam atau mengeluarkan pakaian untuk keesokan harinya dapat menjadi perubahan besar. 

3. Beberes Hal-hal Kecil Setiap Hari

Briana dan Erica Spruille dari Just BE Organizing menyarankan untuk merapikan barang-barang setiap hari. Ini tidak berarti terus-menerus memilah-milah lemari, dapur, dan laci, tapi lebih tentang beberes hal-hal kecil.

“Berkomitmen untuk melakukan pembersihan secara konsisten—menilai ruangan Anda dan melakukan pembersihan secara teratur adalah suatu keharusan. Setiap hari Anda dapat melihat satu hal yang tidak lagi bermanfaat bagi Anda,” jelas mereka.

Ini berarti membuang sampah yang terlihat jelas saat Anda melihatnya, seperti kaleng kosong berisi air soda di meja kopi atau membuang maskara yang sudah kering alih-alih mengembalikan tabung tersebut ke laci riasan Anda.

4. Buat Papan Visi

Jika tujuan Anda adalah memiliki rumah yang lebib rapi, Anna David, penulis EPIC Goal Workbook menyarankan untuk membuat papan visi.

Dia berkata, "Cara terbaik untuk tetap rapi dan teratur adalah dengan menyimpan gambaran tentang apa yang Anda inginkan, idealnya kumpulan gambar seperti papan visi.”

Gantungkan papan tersebut di tempat terlihat dan sering Anda sambangi di hunian atau kantor. Kemudian buatlah daftar tugas yang terpisah dari daftar tugas harian Anda untuk membantu Anda mencapai tujuan.

“Jika Anda melihat sekilas gambar Anda setidaknya sekali seminggu, Anda akan mengingatkan diri sendiri mengapa Anda perlu melakukan hal-hal tersebut dalam daftar Anda, yang akan membuat Anda lebih cenderung melakukannya,” jelas David.

Semoga tips di atas bisa membuat kita lebih rapi dan teratur.

Pilihan Editor: 5 Cara Menata Dapur Lebih Rapi dan Fungsional

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."