5 Cara Menata Dapur Lebih Rapi dan Fungsional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi dapur modern dengan warna hangat. hgtvhome.sndimg.com

Ilustrasi dapur modern dengan warna hangat. hgtvhome.sndimg.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dapur yang berantakan dan tidak terorganisiasi dapat menyebabkan frustrasi dan membuat kamu lebih sulit menemukan motivasi untuk memasak. Dengan menata dapur lebih rapi dan terorganisasi, maka menghabiskan waktu di dapur akan jauh lebih menyenangkan. Berikut ini ada beberapa cara menata dapur agar terlihat lebih rapi dan berfungsi maksimal menurut pakar.

1. Buat Perencanaan

Daripada langsung mengerjakan kegiatan ini, siapkan minuman favoritmu, tarik napas, dan pikirkan bagaimana kamu dan keluarga menggunakan dapur. Apa tempat yang paling sering digunakan di dapur? Apakah ada area bermasalah yang sering mengganggu Anda?

Membuat perencanaan akan membuat penataan lebih efisien, terutama jika kamu tak punya waktu untuk merombak seluruh dapur sekaligus. Pikirkan prosesnya dalam beberapa zona di dapur dan perlengkapan pembersih, penyimpanan makanan (dapur dan kulkas), persiapan makanan dan peralatan memasak, peralatan saji (piring, gelas, peralatan makan), dan apa pun yang sesuai dengan seleramu.

Menyimpan barang-barang serupa dengan sedekat mungkin akan menghemat langkah dan waktu kamu di dapur. Misalnya, panci, wajan, dan peralatan memasak berada di dekat kompor.

Setelah kamu memilah-milahnya, kamu dapat membagi prosesnya ke dalam beberapa zona-pembersihan dapur dan perlengkapannya, tempat penyimpanan makanan (dapur dan lemari es), peralatan memasak, peralatan saji (piring, gelas, peralatan makan), dan apa pun yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, panci, wajan, dan peralatan memasak berada di dekat kompor.

2. Keluarkan dan Bersihkan Semuanya

Dalam hal pengorganisasian, Jamie Hord, pendiri Horderly Professional Organizing, selalu merekomendasikan untuk mengeluarkan semua barang untuk melihat apa yang harus dibuang dan disimpan. "Kamu ingin mulai menata ruang sebagai sebuah papan tulis kosong," katanya dikutip dari Real Simple, Senin, 1 Mei 2023.

Tips ini bisa diterapkan saat kamu hanya mengatur satu zona atau seluruh dapur. Ashley Murphy, salah satu pendiri Neat Method menambahkan, "Kami menyarankan untuk melindungi meja dan bagian atas meja serta mengeluarkan semua yang ada di lemari dan dapur."

Setelah lemari, rak, dan laci kamu kosong, bersihkan secara menyeluruh dengan menyeka tumpahan dan remah-remah, membersihkan rak, dan, jika perlu, mengganti pelapis rak dan laci.

Baca juga: 5 Tips Bikin Dapur Terlihat Lebih Luas, Bikin Pencahayaan Terang

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."