Beberes Rumah Sambut Tahun Baru, Perhatikan Benda yang Perlu Dibersihkan Setiap Minggu, Bulan, dan Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan suami istri dan pekerjaan rumah tangga. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi pasangan suami istri dan pekerjaan rumah tangga. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang memilih beberes rumah menyambut tahun baru. Tujuannya menambah semangat untuk memulai bab baru di masa mendatang. Nah, agar tidak kewalahan saat membersihkan rumah, perhatikan ada beberapa benda yang perlu dibersihkan setiap minggu, bulan, dan tahun. Berikut beberapa tipsnya.

Yang Harus Dibersihkan Setiap Minggu

1. Benda yang Kerap Disentuh 

Menurut Shantae Duckworth, organizer profesional dan pendiri Shantaeize Your Space, tempat-tempat yang sering disentuh seperti gagang pintu, keran, pelat saklar lampu, keyboard, dan remote control harus dibersihkan setiap minggu.

“Ini adalah titik-titik yang banyak disentuh oleh banyak orang di dalam rumah dan mudah bagi kuman untuk menumpuk! Bersihkan setiap minggu untuk memastikan tidak berdebu, lengket, atau kuman,” katanya dikutip dari Real Simple, Jumat, 22 Desember 2023.

“Pembersihan mingguan di area ini akan meminimalkan risiko penyebaran penyakit dan membantu Anda menjaga lingkungan hidup yang lebih sehat.”

Anda mungkin juga ingin membersihkan dan mendisinfeksi area ini lebih sering jika ada anggota rumah yang sakit.

2. Area yang Sering Disambangi

Area yang sering dilalui di rumah juga harus dibersihkan dan dirapikan setiap minggu. Menurut Duckworth, ini termasuk penyimpanan ruang depan, penyimpanan sepatu, ruang tempat Anda menyimpan surat, dan meja dapur dan kamar mandi.

“Area-area ini dapat dengan cepat dibanjiri oleh banyak hal. Jadi, ada baiknya meluangkan waktu lima belas menit seminggu dan mengatasi kekacauan itu! Gunakan waktu ini untuk menyeka area tersebut agar tidak berdebu," tuturnya.

3. Seprai dan Handuk Mandi

Mulai dari seprai, handuk mandi, hingga lap piring, ada baiknya setidaknya sekali seminggu. Mencuci barang-barang yang sering Anda gunakan dapat membantu mencegah alergi dan menjauhkan kuman.

Yang Harus Dibersihkan Setiap Bulan

1. Peralatan

Meskipun Anda mungkin sering membersihkan peralatan Anda—terutama jika peralatan tersebut terbuat dari baja tahan karat dan mudah menunjukkan sidik jari serta kotoran—Duckworth sangat menyarankan untuk meluangkan waktu setiap bulan untuk membersihkan peralatan Anda secara mendalam.

“Peralatan seperti oven, microwave, dan lemari es dapat menumpuk kotoran dan bau seiring berjalannya waktu. Pembersihan bulanan mencegah penumpukan kotoran, memastikan kinerja optimal, dan memperpanjang umur peralatan Anda,” jelasnya. 

2. Kulkas

Area lain yang harus Anda bersihkan setiap bulan adalah bagian dalam lemari es Anda. “Luangkan waktu setiap bulan untuk membersihkan semuanya dari lemari es, mengelap semuanya, dan memeriksa tanggal kedaluwarsa semuanya sebelum memasukkannya kembali," ucapnya.

3. Lemari Pakaian

Anda juga harus mengurus lemari pakaian setiap bulan. Hal ini pada akhirnya akan mencegah Anda kewalahan atau perlu melakukan pembersihan besar-besaran.

“Jika ada yang rusak, buanglah; sumbangkan barang-barang yang tidak perlu Anda simpan lagi. Lemari dapat dengan cepat menjadi berantakan, terutama ketika anggota rumah tangga membuang barang-barang tanpa mengaturnya dengan benar, jadi luangkan waktu untuk memeriksa lemari dan mengaturnya setiap bulan,” ucapnya.

Yang Harus Dibersihkan Setiap Tahun

1. Talang

"Di dalam Talang mungkin menumpuk dedaunan, puing-puing, dan bahkan jamur sepanjang tahun, sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan air dan masalah atap," kata Duckworth.

Pembersihan tahunan ini mencegah penyumbatan, memastikan drainase air yang baik, dan melindungi fondasi rumah Anda serta integritas struktural. Waktu terbaik untuk membersihkan talang adalah saat cuaca panas.

2. Sistem HVAC

Sistem HVAC rumah Anda juga harus dibersihkan secara teratur. Organizer mencatat bahwa ini membantu sistem Anda tetap bersih dari debu, sehingga dapat bekerja dengan kemampuan terbaiknya. Jangan lupa mengganti filternya. 

3. Kasur

Kasur dapat menumpuk remah-remah dan debu. Duckworth menyarankan untuk menyedot debu dan membersihkan kasur setiap tahun untuk mencegah masalah alergi dan menghindari kemungkinan menarik serangga.

Pilihan Editor: Dokter Ungkap Alasan Beberes Rumah Bukan Olahraga

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."