5 Cara Memilih Warna Blush On yang Sesuai Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan mengaplikasikan perona pipi atau blush on di pipi. Foto: Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan perona pipi atau blush on di pipi. Foto: Freepik.com/lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perona pipi alias blush on salah satu elemen penting dalam riasan. Dengan sapuan dan warna yang tepat, blush on dapat mempercantik warna kulit wajah dan penampilan yang Anda inginkan. Lantas, seperti apa cara memilih warna blush on untuk mempercantik penampilan. Berikut lima di antaranya.

1. Perhatikan Warna Kulit Wajah

Sama seperti saat mempertimbangkan warna kulit saat memilih alas bedak atau warna kulit kelopak mata saat memilih eyeshadow yang bagus, penting juga untuk mempertimbangkan warna kulit wajah saat memilih blush on yang tepat, catat penata rias selebriti Elaina Badro.

“Warna kulit harus diperhitungkan saat memilih warna perona pipi yang tepat, apakah rona kulit wajah hangat atau dingin,” katanya dikutip dari Real Simple, 18 Januari 2024.

“Untuk warna kulit cerah, sebaiknya pilih blush on warna seperti pink muda dan pastel. Pemilik kulit gelap bisa pilih blush on warna buah beri, dan untuk warna kulit sedang disarankan memilih blush on warna peach dan merah muda," katanya.

Dia menambahkan bahwa warna-warna hangat mendapat manfaat dari penggunaan warna-warna yang lebih kaya karena kemerahan pada rona bagian bawah, sementara warna-warna peachy, merah muda sejati, dan bahkan warna-warna cenderung ungu menyanjung warna kulit zaitun. Untuk warna dasar yang sejuk, gunakan perona pipi yang sejuk seperti merah jambu kemerahan, berry, dan plum. 

2. Cocokkan dengan Warna Lipstik 

Untuk penampilan riasan netral atau tanpa riasan, aturan praktis memilih blush on  adalah mencocokkan dengan warna lipstik Anda, saran penata rias selebriti Neil Young, yang telah bekerja dengan selebriti Hollywood mulai dari Sarah Jessica Parker hingga Cush Jumbo.

“Saat memilih warna perona pipi untuk melengkapi riasan Anda, warna yang paling bagus sering kali memiliki warna yang sama dengan warna bibir pilihan Anda,” katanya.

“Pertimbangkan monokromatik dan Anda tidak akan pernah salah. Misalnya, jika Anda memakai bibir merah atau merah muda, pilih perona pipi berbahan dasar merah muda untuk menyatukan tampilan," ujarnya.

Ia menambahkan, apa pun warna kulit Anda, semua warna kulit mengandung pigmen merah sehingga perona pipi dengan rona kemerahan akan selalu terlihat bagus.

3. Pertimbangkan Tampilan yang Anda Inginkan 

Masuk akal juga untuk memilih warna perona pipi yang sesuai dengan penampilan Anda.

“Saat saya mempersiapkan wajah seseorang untuk riasan, saya meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apa saja komponen riasannya,” kata Young.

Menurut dia, perona pipi memiliki kekuatan untuk membentuk wajah dengan menambahkan volume dan struktur jika diperlukan.

Misalnya, jika Anda menyukai nuansa coquettecore, maka memilih warna merah jambu stroberi dengan warna dasar yang bagus adalah suatu keharusan. Sebaliknya, jika Anda lebih condong ke arah tampilan vintage tahun 90-an, maka pilihlah blush on warna ungu muda atau coklat.

4. Pertimbangkan Tekstur Blush on

Tekstur blush on sama pentingnya dengan memilih warna yang sempurna. Perona pipi bubuk tanpa kilau bawaan memberikan tampilan matte, sementara perona pipi dengan sedikit kilau dapat menciptakan dimensi dan menangkap cahaya. 

Perona pipi dengan banyak kilau jelas memberikan kesan menarik, seringkali lebih cocok untuk tampilan glamor. Sementara itu, untuk pemakaian sehari-hari yang simpel dan memberikan kilau sehat, perona pipi krim dengan kualitas reflektif bisa dibilang pilihan terbaik karena membuat tampilan alami dan lembut. 

5. Penempatan Blush on

Selain warna dan tekstur, tempat Anda mengaplikasikan perona pipi juga dapat mengubah tampilan dan nuansa riasan Anda secara drastis. 

Jika ingin menambah volume dan kilau pada wajah, maka pilihlah tekstur krim perona pipi atau perona pipi dengan mutiara. Ini menambah volume pada tempatnya dan membuat kulit tampak bercahaya segar, saran Young.

“Untuk efek lebih terpahat, gunakan perona pipi dengan warna netral di atas tulang pipi. Ini akan mengangkat dan membentuk wajah,” jelasnya.

Pilihan Editor: Selain untuk Pipi, Simak 4 Inspirasi Penggunaan Blush On Menurut Makeup Artist

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."