Persiapan Retno Pinasti jadi Moderator Debat Cawapres, Tes Makeup hingga Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pemimpin Redaksi SCTV dan Indosiar Retno Pinasti. Foto: Instagram/@retnopinasti

Pemimpin Redaksi SCTV dan Indosiar Retno Pinasti. Foto: Instagram/@retnopinasti

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Presenter senior, Retno Pinasti akan menjadi salah satu moderator debat calon Wakil Presiden (cawapres) pada esok hari, Minggu, 21 Januari 2024. Satu hari menjelang debat cawapres 2024, dia bagikan persiapannya lewat media sosial. Di momen itu, Eno tampak tengah mencoba tampilan riasan atau makeup untuk esok hari.

"Ini percobaan makeup yang pertama, ya," ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram, Sabtu pagi ini, 20 Januari 2024.

Gaya riasannya kala itu terlihat menekankan pada area mata dengan bulu mata palsu tebal nan lentik, sapuan perona pipi kecoklatan, dan lipstik merah tua nude. Sementara rambutnya ditata bob bervolume dan belah pinggir.

Bicara soal pengalaman menjadi debat cawapres, ini merupakan kali kedua bagi Eno yang menjabat sebagai Pemimpin Redaksi SCTV dan Indosiar. Sebelumnya, dia pernah menjadi moderator debat calon Presiden atau capres 2019 kala capres Jokowi berhadapan dengan capres Prabowo.

Eno pun membagikan foto usai acara debat keempat capres Pemilu 2019 dalam unggahan Instagramnya. Dia dan rekan moderatornya berfoto bersama para capres saat itu. Eno berdiri di samping kanan Jokowi, sementara Zulfikar Naghi berdiri di samping kiri Prabowo.

"Debat keempat capres pemilu 2019. Dua negarawan Pak @jokowi dan Pak @prabowo yang tidak akan pernah putus rantaj persahabatannya. Bersama partner moderator @zoelnaghi," tulisnya di Instagram, Maret 2019.

Kembali ke persiapan Eno menjadi moderator debat cawapres 2024, dia mengaku deg-degan dan cemas.

"Ada dong (deg-degan), cemas nih. Saya cemas sekarang," katanya diikuti tawa di dalam ruangan makeup.

"Karena kalau dibanding lima tahun lalu, kayaknya debat-debat ini makin ke sini tuh makin panas gitu, ya," katanya.

Untuk mengatasi keriuhan pendukung dari ketiga cawapres 2024, Eno mengatakan akan menyiapkan mental berupaya santai, otoratif, dan bersahabat.

"Pendukung-pendukung itu hadir untuk kasih support, ngasih semangat gitu, ya, kepada paslonnya masing-masing. Dan, nanti kita ajak-ajak untuk mengapresiasi juga," jelasnya.

Dan sebagai moderator, dia mengingatkan para penonton bahwa debat selain ajang konstestasi gagasan, visi, dan misi masing-masing capres, juga suatu show.

"Jadi, kalau misalnya agak panas, agak heboh, dinikmatin aja gitu. Debat itu satu hal. Tapi kita baca juga tambahan-tambahan lain dari visi misi dan juga jejak atau record lainnya," pungkas Retno Pinasti.

Pilihan Editor: Mengenal Liviana Cherlisa Moderator Debat Cawapres 2024, Pernah jadi Finalis Miss Indonesia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."