6 Manfaat Makan Kacang, Baik untuk Usus dan Jantung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang-kacangan. Pixabay.com

Ilustrasi kacang-kacangan. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kacang-kacangan salah satu sumber serat dan protein nabati. Selain itu, kacang bermanfaat meningkatkan banyak gizi pada makanan sekaligus meningkatkan cita rasanya. Berikut sederet manfaat makan kacang untuk kesehatan tubuh dan menjadikannya bagian penting dari diet apa pun.

1. Sumber Protein

Salah satu sumber protein terbaik untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan adalah kacang-kacangan. Selain kemampuannya untuk membentuk otot, protein juga penting untuk kesehatan umum yang baik.

Kacang-kacangan sangat luar biasa karena, kecuali kedelai, yang merupakan protein lengkap, kacang-kacangan mengandung kesembilan asam amino esensial. Anda dapat menciptakan simfoni asam amino dengan menggabungkan kacang-kacangan dengan biji-bijian atau produk susu, yang akan menjamin tubuh Anda mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk fungsi optimal.

2. Kaya Serat

Kacang-kacangan, karena kaya akan serat, sangat bagus untuk menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Manfaat lainnya termasuk membuat kenyang lebih lama, yang membantu pengelolaan berat badan. 

3. Mengandung Asam Folat

Memiliki kandungan folat yang tinggi, kacang-kacangan berkontribusi signifikan terhadap produksi sel darah merah, sintesis DNA, dan mencegah cacat tabung saraf selama kehamilan. Folat, suatu vitamin B, yang sering diremehkan tetapi berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. 

4. Kaya Antioksidan

Kacang dipersenjatai dengan antioksidan, melindungi sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. 'Pejuang' kecil ini membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Ini seperti memiliki perisai yang lezat untuk kesejahteraan Anda. Dengan rutin menikmati kacang-kacangan, Anda tidak hanya memuaskan selera, tetapi juga memperkuat pertahanan tubuh terhadap

5. Menyehatkan Jantung

Jantung Anda akan berterima kasih ketika Anda menambahkan kacang-kacangan ke dalam makanan Anda. Kacang-kacangan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Mengandung dengan mineral yang ramah jantung seperti potasium, magnesium, dan zat besi, kacang-kacangan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Mendukung Kesehatan Usus

Kacang bermanfaat bagi usus Anda, memberi makan bakteri baik di usus Anda. Bakteri ini berperan penting dalam pencernaan, produksi vitamin, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan potensi manfaat melawan sembelit, diare, dan sindrom iritasi usus besar, kacang-kacangan benar-benar menjaga kesehatan usus Anda.

Jadi, dengan makan kacang-kacangan, Anda tidak hanya memuaskan selera Anda, tapi juga menciptakan lingkungan yang berkembang bagi bakteri baik di usus Anda.

Pilihan Editor: Kesalahan Umum Belanja dan Menyimpan Kacang

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."