Manfaat Mentimun untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung dan Mengandung Antioksidan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay.com/ka_re

Ilustrasi mentimun. Foto: Pixabay.com/ka_re

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMentimun merupakan sumber fitonutrien (bahan kimia tanaman yang memiliki sifat pelindung atau pencegahan penyakit) yang baik seperti flavonoid, lignan dan triterpen, yang memiliki manfaat antioksidan, anti-inflamasi dan anti-kanker. 

Nutrisi 

Meski sebagian besar mengandung air, mentimun juga memiliki banyak nutrisi dan rendah kalori. Dikutip dari Verywell Health, satu buah mentimun memiliki nutrisi berikut dalam gram (g), miligram (mg), dan mikrogram (mcg):

- Kalori: 45

- Protein: 2 gram

-Karbohidrat: 11 gram

-Serat: 1,5 gram

- Gula: 5 gram

- Kalsium: 48 mg

- Magnesium: 39 mg

- Fosfor: 72 mg

-Kalium: 442 mg

- Vitamin C: 8mg

- Folat: 21 mcg

- Kolin: 18 mg

- Vitamin A: 15 mcg

- Beta karoten: 135 mcg

- Vitamin K: 49 mcg 

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

1. Kadar Air Tinggi

Dikutip dari EatingWell, mentimun sebagian besar mengandung air, sekitar 95 persen, dan itu menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk hidrasi. Terhidrasi dengan baik bermanfaat bagi seluruh tubuh Anda yang dapat membantu Anda tetap fokus, mengatur suhu tubuh, menjaga persendian dan organ tetap sehat dan terlindungi, serta membuang limbah dari tubuh Anda. Menjaga asupan cairan juga membantu mencegah sembelit, sekaligus meningkatkan kesehatan usus. 

2. Mengurangi Risiko Kanker

Cucurbitacins adalah senyawa alami yang ditemukan dalam mentimun dan beberapa sayuran lainnya, seperti labu siam. Ada beberapa variasi cucurbitacin yang bekerja sama untuk menghambat pertumbuhan kanker, dan kanker payudara tampaknya sangat sensitif terhadap efeknya. Dikutip dari Verywell Fit, mentimun juga mengandung flavonoid fisetin yang menunjukkan sifat antioksidan dan antikanker.  

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Mentimun adalah pilihan yang baik untuk menambahkan lebih banyak serat dan potasium ke dalam makanan Anda. Serat meningkatkan rasa kenyang dan membantu menurunkan kadar kolesterol, sementara potasium menurunkan tingkat tekanan darah.  

Selain itu, mentimun juga menyediakan folat, vitamin B penting yang mengurangi risiko stroke. Bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi beragam buah dan sayuran setiap hari merupakan cara efektif untuk mencegah penyakit jantung, dan mentimun adalah pilihan yang menyegarkan. 

4. Kesehatan tulang

Dikutip dari Medical News Today, kandungan vitamin K yang tinggi pada mentimun membuatnya bagus untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu pembekuan darah, dan dapat mendukung kesehatan tulang. Vitamin K membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Bersama-sama, nutrisi ini dapat berkontribusi terhadap kesehatan tulang yang baik. 

 5. Antioksidan

Mentimun memiliki kandungan antioksidan. Dikutip dari Healthline, antioksidan adalah zat yang membantu mencegah dan menunda kerusakan sel akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan mungkin dapat membalikkan atau menghentikan kerusakan ini. Inilah sebabnya mengapa Anda harus mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi antioksidan. 

Pilihan Editor:  14 Tips Membuat Mata Sehat dan Cerah, Pakai Teh Hijau dan Mentimun

RINDI ARISKA | DWI ARJANTO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."