14 Tips Membuat Mata Sehat dan Cerah, Pakai Teh Hijau dan Mentimun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi eyeliner berwarna cerah. Shutterstock.com

Ilustrasi eyeliner berwarna cerah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mata sehat yang cerah dan berkilau bisa memberikan banyak informasi tentang seseorang. Perbedaan warna yang kontras antara iris dan sklera mata dapat membuatnya terlihat lebih berkilau, yang seringkali menunjukkan rasa kegembiraan, vitalitas, dan kesehatan.

Namun, penting untuk diingat bahwa hampir semua gambar yang kita lihat di sampul majalah, iklan cetak, dan online telah mengalami pengeditan agar mata terlihat lebih putih, cerah, dan menarik. Bahkan foto selebriti di media sosial pun sering mengalami pengeditan untuk menambahkan kilau.

Meskipun kita mungkin tidak bisa bersaing dengan kilau yang sama seperti selebriti atau model favorit di sampul majalah tanpa menggunakan perangkat pengeditan foto profesional, tetap ada langkah-langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan dan kilau mata kita dengan memiliki harapan yang realistis.

Berikut adalah beberapa tips membuat mata sehat dan cerah

1. Hindari udara kering 

Jauhi lingkungan dengan udara kering seperti daerah dataran tinggi, iklim gurun, dan pesawat terbang. Angin dan asap juga bisa mengeringkan mata. Jika tidak cukup lembab, mata bisa teriritasi, gatal, dan merah. Hindari udara kering jika memungkinkan, dan bawa tetes mata untuk membantu menjaga kelembapan mata saat berada di tempat yang kering.

2. Gunakan kantong teh hijau

Jika mata bengkak atau teriritasi, tempatkan kantong teh hijau di kelopak mata. Polifenol kuat dalam teh hijau, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan pada sel-sel kornea. Rendam kantong teh dalam air, dinginkan, dan letakkan di kelopak mata selama 10 menit.

3. Tingkatkan asupan asam lemak omega

Asam lemak omega-3 dan omega-6 dapat membantu mengobati sindrom mata kering. Konsumsilah makanan kaya asam lemak tersebut, seperti salmon, makarel, sarden, biji rami, biji chia, dan kenari. Jika asupan makanan tidak mencukupi, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen harian.

4. Gunakan air mawar

Air mawar memiliki efek anti-inflamasi dan anti-infeksi yang dapat membantu mengatasi masalah mata. Gunakan beberapa tetes air mawar dengan pipet atau oleskan pada kelopak mata untuk mengurangi pembengkakan atau kemerahan.

5. Gunakan mentimun untuk mengurangi bengkak

Jus mentimun mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat meredakan mata lelah. Letakkan irisan mentimun di kelopak mata selama 15 menit untuk menyegarkan mata dan kulit di sekitarnya.


6. Lakukan pijatan mata

Pijatan lembut di sekitar mata dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan. Gunakan ujung jari telunjuk dan tengah untuk mengetuk ringan di sekitar mata, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan untuk pijatan yang efektif.

7. Pastikan Anda mendapatkan tidur berkualitas

Tidur yang tidak cukup dapat membuat mata terlihat lelah dan menunjukkan tanda-tanda kurang tidur. Upayakan untuk tidur cukup, dengan tujuan mendapatkan 7 hingga 9 jam tidur setiap malam.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."