Alasan Penelope Cruz Belum Izinkan Anak-anaknya Punya Ponsel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Penelope Cruz menghadiri Penghargaan Gubernur ke-14 di Los Angeles, California, AS, 9 Januari 2024. REUTERS/Mario Anzuoni

Penelope Cruz menghadiri Penghargaan Gubernur ke-14 di Los Angeles, California, AS, 9 Januari 2024. REUTERS/Mario Anzuoni

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua punya aturan masing-masing soal penggunaan ponsel oleh anak. Beberapa di antara kita memilih belum mengizinkan anak-anak punya ponsel hingga usia tertentu termasuk aktris Penelope Cruz. Hal itu dia ungkap dalam sesi wawancara untuk sampul majalah Elle Februari 2024. 

Menurut dia, ponsel bisa memanipulasi pemikiran anak-anaknya menjelang remaja yang mencari jati diri. Dia dan suami, Javier Bardem diketahui orang tua dari Leo (12 tahun) dan Luna (10 tahun).

"Sangat mudah untuk dimanipulasi, apalagi jika otak (anak-anak) Anda masih dalam tahap pembentukan," katanya dikutip dari People, Kamis, 18 Januari 2024.

"Dan siapa yang menanggung akibatnya? Bukan kita, bukan generasi kita, yang mungkin pada usia 25 tahun baru mempelajari cara kerja BlackBerry," lanjutnya. “Ini adalah eksperimen kejam terhadap anak-anak dan remaja,” tegasnya.

Cruz juga menjelaskan bahwa dia selalu  memastikan bahwa jika anak-anaknya ingin menjadi pusat perhatian, itu adalah karena keinginan mereka sendiri.

"Merekalah yang memutuskan apakah mereka akan mempunyai pekerjaan yang lebih terekspos ke publik atau tidak. Mereka bisa membicarakan hal itu ketika mereka sudah siap,” katanya.

Keinginan Kuat menjadi Ibu 

Di bagian lain wawancara, Cruz berbicara tentang bagaimana dia memainkan peran ibu sebelum menjalaninya sendiri di dunia nyata. Dan, peran itu masih terngiang di ingatannya hingga sekarang.

"Pada usia saya, 80 persen karakter yang saya perankan adalah tentang peran sebagai ibu, perceraian, pengabaian atau karakter yang tidak ingin memiliki anak atau tidak bisa atau kehilangan anak. Saya telah berperan sebagai ibu sejak saya masih sangat muda," kata perempuan 49 tahun ini.

Cruz memuji pembuat film Spanyol dan sering menjadi kolaborator Pedro Almodóvar karena dia selalu melihat dirinya sebagai seorang ibu.

"Kami sudah saling kenal sejak saya berusia 17 tahun. Dia melihat saya berbicara dengan orang asing hanya untuk melihat bayi mereka. Dia selalu melihat naluri yang kuat dan tak terelakkan dalam diri saya, dan saya juga melihatnya," imbuhnya.

Cruz mengaku keinginan menjadi ibu sudah ada dalam dirinya sedari kecil, namun dia menunggu saat yang tepat. 

"Sejak saya masih kecil, saya tahu saya menginginkan anak. Tapi saya tahu saya menginginkan mereka ketika di usia lebih tua. Saya ingin menunggu sampai saya merasa siap. Saya yakin itu akan menjadi hal terpenting yang akan saya lakukan dalam hidup saya," katanya.

Belum Izinkan Anak Punya Akun Media Sosial hingga Usia 16 Tahun

Saat wawancara dengan Rita Braver dari  CBS Sunday Morning  pada Desember 2021, Cruz menyatakan bahwa dia mungkin belum siap jika anak-anaknya memiliki akun media sosial sampai mereka berusia 16 tahun.

"Tidak ada perlindungan bagi mereka, otak yang masih berkembang dan bagaimana hal itu mempengaruhi cara mereka memandang diri mereka sendiri, bagaimana segala sesuatu yang berhubungan dengan bullying, banyak hal yang bukan masa kanak-kanak yang kita alami,” ujarnya.

“Saya benar-benar melihat bahwa hal itu (belum punya akun media sosial) melindungi kesehatan mental, tapi sepertinya saya adalah bagian dari minoritas,” pungkas Penelope Cruz.

Pilihan Editor: Kedua Anaknya Minta Dibelikan Ponsel, Begini Respons Sandra Bullock

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."