Manfaat Body Butter untuk Kulit dan Cara Mengunakannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi body butter. Foto: Freepik.com

Ilustrasi body butter. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Ada beberapa produk yang direkomendasikan untuk menjaga kelembapan kulit, salah satunya body butter. Dibandingkan dengan body lotion dan body serum, body butter lebih kental karena mengandung bahan-bahan yang membantu kulit terasa sangat lembut dan kenyal, menghilangkan serpihan, serta mengatasi kulit kusam. Lantas, apa saja manfaat body butter dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, kita telusuri bersama.

Apa Itu Body Butter?

Body butter adalah pelembap ultra kental yang diformulasikan dengan jumlah minyak atau lemak lebih tinggi dibandingkan losion dan krim. Seringkali, shea butter atau cocoa butter adalah bahan utama dan dapat dikombinasikan dengan minyak nabati lainnya. Dinamakan demikian karena teksturnya yang kental dan lembut seperti mentega.

“Losion adalah emulsi yang sebagian besar terdiri dari air dengan sedikit minyak, dan bentuknya cair, lebih ringan, dan mudah menyebar,” kata Maya Thosani, dokter kulit bersertifikat ganda dan pemilik Modern Dermatology di Scottsdale, Arizona dikutip dari Real Simple, 17 Januari 2024.

“Sebaliknya, krim adalah emulsi yang mengandung lebih banyak minyak dan lebih sedikit air; konsistensinya lebih kental dan cenderung bertahan lebih lama di permukaan kulit dibandingkan losion, tetapi lebih sedikit dibandingkan mentega," jelasnya.

Terkadang body butter sangat kental, sehingga memerlukan sedikit upaya di tangan Anda untuk melunakkannya saat diaplikasikan. Pilihan padat sangat bagus untuk bepergian.

Manfaat Body Butter

Body butter adalah perawatan paling mewah dan melembapkan untuk kulit Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan produk ini.

1. Sangat Melembapkan

Karena kandungan lemaknya yang tinggi, produk ini memberikan kelembapan yang lebih dalam dibandingkan pelembap berbahan dasar air, kata ahli kecantikan Christina Uzzardi.

2. Tidak Berminyak seperti Salep

Body butter memberikan penghalang oklusif pada kulit, tetapi tidak terasa licin atau berminyak seperti salep.

3. Tekstur Kenyal

Sejumlah orang memilih menggunakan body butter karena teksturnya yang lebih kental untuk proteksi kulit kering, menurut dr. Thosani.

4. Sedikit atau Tanpa Pengawet

Banyak body butter dibuat tanpa air, yang berarti tidak diperlukan bahan pengawet.

5. Menjadikan Kulit Lembut, Kenyal, dan Terhidrasi

Pelembap intens ini menghidrasi kulit yang paling haus, menghilangkan serpihan kering dan pecah-pecah serta memberikan rasa kenyal dan lembut.

Cara Menggunakan Body Butter

Cara menggunakan body butter sangatlah mudah. Dr Thosani merekomendasikan untuk mengaplikasikannya dari leher ke bawah seusai mandi saat kulit Anda masih lembap.

“Mulailah dengan jumlah yang sedikit dan tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan karena sedikit saja sudah cukup manfaatnya dengan produk ini. Mengoleskannya pada kulit yang hangat dan lembap akan membantunya melembutkan dan menyebar secara merata, serta membantu mengunci kelembapan di kulit Anda,” katanya.

Mengoleskan body butter secara terfokus ke area kulit yang paling kering seperti siku dan lutut adalah yang terbaik.

Jika Anda mengalami bibir pecah-pecah, tangan kering, atau kaki kasar, Anda bisa mengoleskan body butter pada area tersebut sebelum tidur. Gunakan sarung tangan dan kaus kaki di tangan dan kaki Anda untuk membantu lebih mengunci kelembapan dan mengurangi perpindahan produk.

Pilihan Editor: 6 Tips Menjaga Kelembapan Kulit selama di Pesawat Terbang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."