7 Jenis Bahan yang Termasuk Food Preparation, Ada Bawang dan Saus

Ilustrasi memasak. Unsplash.com/Jason Briscoe

kuliner

7 Jenis Bahan yang Termasuk Food Preparation, Ada Bawang dan Saus

Senin, 27 April 2020 20:35 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Demi menghemat waktu memasak selama Ramadan, Anda bisa coba terapkan food preparation. Apa itu? Food preparation ialah menyiapkan bahan siap masak atau setengah matang yang bisa disimpan di lemari es.

Dengan menyiapkan bahan makanan di akhir pekan, Anda tak hanya menghemat waktu, tetapi juga tenaga. Terutama saat sahur, Anda kerap dilanda kantuk dan berjuang menyiapkan makanan untuk keluarga tercinta. Jenis makanan apa saja yang bisa masuk kategori food preparation?

Melansir laman Fustany, Senin 27 April 2020, berikut contoh food preparation yang bisa Anda tiru 

1. Saus tomat 

Untuk menyiapkan saus tomat yang kerap Anda gunakan untuk hampir semua makanan di bulan Ramadan, caranya peras dan saring tomat segar, lalu siapkan di atas api kemudian masukkan ke dalam kantong plastik, dan masukkan ke dalam freezer. Saus tomat Anda siap digunakan secara instan.  

2. Saus bechamel dan putih

Bechamel sangat penting dan tidak tergantikan, tetapi membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkannya. Jadi akan lebih baik jika Anda cukup menyiapkannya dan juga membuat saus putih untuk aneka pasta misalnya.

3. Aneka bawang

Beberapa bumbu penting seperti bawang merah, putih dan bombay juga dapat disiapkan sepenuhnya dengan memotong dan menghancurkannya agar siap dikemas dalam kantong plastik dan simpan ke dalam freezer.

4. Aneka sayuran

Anda bisa menyetok beberapa sayuran siap masak dengan langkah mencuci lalu memotongnya, jika Anda mau. Setelah itu beberapa jenis sayur seperti buncis, jagung pipil dan wortel bisa Anda blansir lebih dulu, lalu simpan di wadah penyimpanan dan taruh di lemari es. Jika hendak memasak, maka Anda bisa menghangatkan.

5. Aneka sup

Sup adalah hal yang paling mudah untuk disiapkan kapan pun Anda membutuhkannya dan rasanya akan terasa segar seperti saat Anda membuatnya. Masak sup Anda sepenuhnya. Sup tumbuk atau cream soup adalah yang bisa Anda bungkus sebelumnya, isinya berupa potongan sayur atau daging. Anda bisa membuat sup tomat, jamur, kentang, dan sayur, lalu bungkus bahan sup dalam kantong plastik lalu simpan di freezer.

6. Simple syrup

Siapa yang suka minuman atau hidangan manis saat buka puasa Ramadan? Dasar dari sebagian besar hidangan penutup dan takjil ini adalah simple syrup, tetapi apakah itu berarti Anda harus membuatnya setiap kali ingin membuat makanan penutup? Anda bisa masak terlebih dahulu, kemudian stok di dalam lemari es.

7. Ayam atau daging

Untuk masakan daging ayam atau sapi yang akan dipanggang atau digoreng, Anda bisa membuat bumbu dasar untuk marinasi (lapisan) atau dimasak dengan metode setengah matang. Setelah itu Anda bisa menatanya

EKA WAHYU PRAMITA