Ketahui Efek Samping Penggunaan Eyelash Serum

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bulu mata. Extendyourlashes.com

Ilustrasi bulu mata. Extendyourlashes.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Produk kecantikan terus berkembang dan bervariasi. Contohnya serum, tak lagi hanya untuk wajah dan rambut, tapi juga pilihan serum bulu mata atau eyelash serum. Serum ini diklaim bisa bantu memanjangkan sekaligus menebalkan bulu mata. Namun baru-baru ini, ramai perbincangan di platform video soal keamanan eyelash serum yang dapat melelehkan lemak di bawah mata, sehingga memperparah munculnya lingkaran hitam. Apakah benar? Yuk, kita simak paparan dokter kulit.

Apakah Eyelash Serum Aman Digunakan?

“Secara keseluruhan, serum bulu mata dapat dianggap sebagai cara yang aman dan efektif untuk memperbaiki panjang, ketebalan, dan penampilan bulu mata secara keseluruhan,” kata dr. Marisa Garshick, dokter kulit bersertifikat terkemuka di New York sekaligus asisten profesor klinis dermatologi di New York Presbyterian-Weill Cornell Medicine dikutip dari Purewow, Selasa, 5 Desember 2023.

Namun karena ada banyak eyelash serum yang beredar di pasaran, dokter Garshick mengatakan gunakanlah produk yang telah disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan. Dia memberi contoh, di Amerika Serikat, hanya produk resep penumbuh bulu mata Latisse yang disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA untuk meningkatkan pertumbuhan bulu mata.”

“Bahan utama Latisse adalah bimatoprost, yang merupakan analog prostaglandin,” jelas dr. Garshick.

Prostaglandin adalah lipid yang secara alami ditemukan di dalam tubuh yang memiliki efek seperti hormon, dan bentuk prostaglandin sintetis telah digunakan dalam berbagai perawatan medis, termasuk pengobatan glaukoma.

Bimatoprost, khususnya, awalnya digunakan dalam obat glaukoma yang disebut Lumigan, tetapi kemudian digunakan dalam serum bulu mata setelah beberapa pasien menyadari bahwa bulu mata mereka tumbuh lebih panjang dan penuh.

Efek Samping Eyelash Serum

Beberapa efek samping yang telah dilaporkan dengan penggunaan analog prostaglandin antara lain hiperpigmentasi atau penggelapan kelopak mata, hilangnya lemak di sekitar mata, dan perubahan lainnya, dalam kondisi yang dikenal sebagai periorbitopati terkait prostaglandin, menurut dr. Garshick.

“Meskipun hal ini tidak terjadi pada semua orang yang menggunakan analog prostaglandin, penting untuk menggunakannya dengan hati-hati dan menghentikan penggunaan jika Anda melihat ada perubahan yang terjadi,” tambahnya.

Perhatikan juga bahwa banyak dari perubahan ini terkait dengan penggunaan analog prostaglandin dalam jangka panjang. Oleh karena itu, sering kali disarankan untuk mengambil jeda di antara perawatan untuk meminimalkan potensi efek samping tersebut.

Efek samping lain dari eyelash serum yang perlu diwaspadai adalah iritasi. “Seperti halnya apa pun yang bersentuhan dekat dengan mata, terdapat risiko iritasi, kepekaan, gatal atau kekeringan, jadi sebaiknya waspadai potensi efek samping ini dan hentikan penggunaan produk jika hal ini terjadi," kata dokter Garshick.

Selain itu, pastikan tangan Anda bersih sebelum mengaplikasikan eyelash serum untuk meminimalkan kemungkinan infeksi.

Selain eyelash serum, produk lain yang bisa membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata mengandung bahan-bahan seperti peptida, asam hialuronat, biotin, minyak jarak, dan antioksidan. Produk tersebut dirancang untuk menutrisi, memperkuat, dan meningkatkan kesehatan bulu mata secara keseluruhan. "Meskipun bukti mengenai beberapa bahan lain ini masih terbatas, secara anekdot, beberapa orang merasakan adanya perbaikan ketika menggunakannya,” ungkap dr. Garschick.

Pilihan Editor: Agar Ekstensi Bulu Mata Tahan Lama, Lakukan 8 Hal Berikut

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."