Agar Ekstensi Bulu Mata Tahan Lama, Lakukan 8 Hal Berikut

Ilustrasi wanita merawat ekstensi bulu mata. Freepik.com

kecantikan

Agar Ekstensi Bulu Mata Tahan Lama, Lakukan 8 Hal Berikut

Sabtu, 5 Februari 2022 20:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaEkstensi bulu mata salah satu cara memiliki penampilan bulu mata yang tebal dan/atau panjang sesuai keinginan. Biasanya cara tersebut diminati oleh sejumlah pemilik bulu mata tipis atau pendek. 

Ekstensi bulu mata menambah volume dan/atau panjang bulu mata per helai. Biasanya terbuat dari serat sintetis, bulu cerpelai, atau sutra. Ekstensi bulu mata ditempelkan ke bulu mata alami menggunakan lem semi permanen. Tampilan tersebut dapat bertahan 2-3 minggu sebelum perlu diisi ulang karena ekstensi bulu mata umumnya rontok seiring waktu mengikuti siklus alami kerontokan bulu mata Anda.

Meskipun dapat menghemat upaya Anda untuk mengaplikasikan bulu mata palsu atau maskara, ekstensi bulu mata tetap membutuhkan perawatan khusus. Untuk menjaganya tetap bersih dan tahan lama, ada sederet yang harus dilakukan dan dihindari seperti dikutip dari Instyle, Jumat, 4 Februari 2022.

1. Hindari memakai maskara

"Tidak ada maskara yang aman untuk ekstensi bulu mata," kata Clementina Richardson, pendiri Envious Lashes dan pakar bulu mata langganan selebriti.

"Maskara juga memberi bobot ekstra pada bulu mata alami dan bahkan lebih berat pada ekstensi bulu mata, sehingga bisa menyebabkan kerontokan dini."

Selain itu, mengaplikasikan maskara di ekstensi bulu mata dapat membuat tampilan bulu mata terlihat menggumpal. Belum lagi, saat menghapus maskara, bisa jadi sebagian maskara akan tetap menempel pada ekstensi.

2. Jangan membasahi ekstensi bulu mata selama 2 hari pertama

Usai pemasangan ekstensi bulu mata, pastikan jangan sampai kena air selama dua hari. Tujuannnya agar lem ekstensi bulu mata mengering dengan benar.

Hal yang sama juga berlaku untuk uap dan kelembapan. "Saya menyarankan untuk tidak melakukan kontak langsung antara bulu mata dan pancuran," kata Richardson. 

Pakar ekstensi bulu mata selebriti lainnya, Dionne Phillips juga merekomendasikan untuk menghindari panas selama dua hari pertama setelah serangkaian perawatan ekstensi bulu mata baru. "Suhu panas akan membuka lem dan membuatnya mudah terlepas," jelasnya.

3. Hindari keringat berlebih

Salah satu alasan untuk memakai ekstensi bulu mata adalah agar Anda bisa tampil menarik kapan pun termasuk saat bangun tidur, bahkan di gym. Namun, Phillips mengatakan untuk berhati-hati dengan keringat di dahi saat berolahraga. Sebab garam dari keringat berpotensi memecah perekat pada bulu mata.

"Sebaiknya selalu bersihkan keringat atau kenakan ikat kepala lucu untuk menghindari keringat menetes ke bulu mata," sarannya.

4. Lupakan pembersih bulu mata

Hindari menggunakan pembersih jenis apa pun pada bulu mata kecuali diperlukan. Richardson menjelaskan bahwa dengan munculnya begitu banyak pembersih bulu mata beserta sampo, orang-orang mencoba memasukkannya ke dalam rutinitas sehari-hari mereka. Nyatanya, itu berisiko memperpendek usia ekstensi bulu mata.

"Namun, bulu mata tidak boleh diganggu, dan manipulasi ekstensi apa pun dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan dini," tegasnya.

Jika terjadi penumpukan berlebihan pada bulu mata dan perekat, yang sering kali disebabkan oleh kebersihan dan penggunaan produk, Richardson mengatakan bahwa mencuci bulu mata itu aman.

Dia merekomendasikan menggunakan Envious Lashes Oil-Free Makeup Remover di sekitar kelopak mata dan kemudian memercikkan air ke area mata saat mencuci muka. "Dengan percikan lembut, pembersih akan mengalir ke bulu mata, bukan menyebabkan gesekan dan kerontokan dini."

5. Pertahankan posisi tidur terlentang

Tidur miring menciptakan gesekan antara bulu mata dan sarung bantal, sehingga membuat bulu mata cepat rontok dan melemahkan ikatan perekat yang menahan ekstensi bulu mata. Oleh karena itu, Philips mengimbau tidur terlentang adlaah posisi tidur terbaik agar ekstensi bulu mata tahan lama. Ia pun menyarankan untuk menggunakan sarung bantal sutra guna mendukung tampilan bulu mata dan rambut.

6. Hindari menghapus riasan dengan handuk, tisu pembersih, dan bola kapas

Hindari juga menggunakan handuk, tisu pembersih riasan, dan bola kapas untuk menghilangkan riasan mata. Sebab itu bisa memperpendek usia ekstensi bulu mata. Sebagai gantinya, Phillips merekomendasikan penggunaan kuas eyeshadow yang lembut untuk menghilangkan riasan mata dan membersihkan bulu mata dengan air.

"Gunakan sikat untuk menyikat lembut ke arah garis bulu mata menggunakan pembersih busa bulu mata atau pencuci bulu mata," katanya.

Selanjutnya, usap atau cuci dengan lembut dengan gerakan ke bawah untuk membersihkan dari garis bulu mata. "Kemudian, oleskan dengan lembut di bawah bulu mata untuk mengeringkan kelebihan air dari bulu mata dan tunggu sampai kering sebelum menyikat." Jika menyikat bulu mata yang basah dapat menyebabkan ekstensi mengendur dan rontok.

7. Hindari penggunaan penjepit bulu mata

Penjepit bulu mata adalah alasan nomor satu untuk ekstensi bulu mata yang rusak dan tidak rata. "Penjepit bulu mata merusak ekstensi bulu mata karena mereka memotong ekstensi bulu mata dan memutuskan ikatannya," Phillips menjelaskan.

8. Pertimbangkan penggunaan serum

Sangat penting untuk mengkondisikan pertumbuhan bulu mata alami secara teratur saat memakai ekstensi karena kepadatan lebih mendasar daripada panjang alami, tetapi ketahuilah apa yang Anda gunakan. Untuk mendapatkan bulu mata yang lebih penuh, ia merekomendasikan serum yang mengandung bahan-bahan alami dan peptida untuk membantu menciptakan kepadatan dan folikel rambut lebih tebal.

"Semakin kuat alasnya, semakin baik pegangannya dan semakin padat bulu mata, semakin penuh setnya," ujar Richardson.

Baca juga: Kenali Sebab Bulu Mata Rontok dan 5 Cara Mengatasinya

INSTYLE