The Body Shop Indonesia Ajak Masyarakat Ikut Donasi untuk Palestina

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Diskusi bertajuk

Diskusi bertajuk "Bersatu untuk Kemanusiaan: Kolaborasi Multi Sektor Mengatasi Krisis di Palestina" yang digagas oleh The Body Shop Indonesia sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap rakyat Palestina yang mengalami penderitaan dan pelanggaran hak asasi manusia/The Body Shop

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Brand produk kecantikan The Body Shop Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut mendukung perjuangan rakyat Palestina. "The Body Shop mengajak seluruh elemen masyarakat untuk secara proaktif berdonasi membantu rakyat Palestina yang tengah menderita akibat konflik melalui donasi kasir di Changemaking Store The Body Shop di seluruh Indonesia," kata CEO The Body Shop Indonesia Suzy Hutomo dalam diskusi tema “Bersatu untuk Kemanusiaan: Kolaborasi Multi Sektor Mengatasi Krisis di Palestina” pada 16 November 2023. 

Suzy mengatakan donasi ini sejalan dengan nilai-nilai yang diusung oleh The Body Shop sejak didirikan oleh Anita Roddick pada tahun 1976. "The Body Shop selalu membawa nilai-nilai aktivisme untuk perubahan positif, termasuk aspek kemanusiaan, sosial, dan lingkungan," kata Suzy. 

Ia mengatakan apa yang dialami rakyat Palestina sangat memilukan. Ia pun mendorong adanya perdamaian dalam konflik itu. "Kami merasa penting untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina, terutama saudara-saudara kita di Gaza yang sedang menghadapi situasi yang sangat sulit dan tidak adil. Kami juga berharap agar tindakan yang melanggar prinsip-prinsip dasar kemanusiaan dan hak asasi manusia dapat segera dihentikan, serta perdamaian segera tercipta" ujarnya.

Menurut Suzy, donasi ini bisa dilakukan pelanggan The Body Shop di seluruh Indonesia tanpa harus membeli produknya. "Bisa langsung donasi ke counter The Body Shop tanpa harus membeli produknya," katanya. 

Ajakan memberikan donasi itu bisa dilakukan masyarakat hingga 7 Januari 2024. Bantuan yang nanti akan disalurkan akan sangat berguna terutama untuk kebutuhan esensial seperti makanan, sanitasi, dan kesehatan.  The Body Shop Indonesia berharap bahwa donasi ini dapat membantu meringankan beban dan krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina, serta memberikan harapan dan semangat bagi mereka untuk terus bertahan. 

Sebagai bagian awal, The Body Shop Indonesia, akan memberikan donasi senilai Rp 1 miliar untuk bantuan kemanusiaan Palestina, khususnya di Gaza, yang saat ini mengalami krisis akibat serangan militer Israel. Donasi ini disalurkan melalui WeCare.id, platform crowdfunding kesehatan dan sosial yang telah berpengalaman dalam menyalurkan bantuan ke Palestina.

Co-Founder & Executive Director WeCare.id Gigih Septianto membenarkan bahwa kondisi Gaza saat ini sangat memprihatinkan. Menurutnya, kawasan Gaza di bagian Utara, sangat memerlukan berbagai bantuan pokok. "Kami koordinasi dengan relawan di Gaza, ini krisis paling menantang," kata Gigih. 

Ia menambahkan bahwa saat ini kondisi pelayanan kesehatan publik hancur berantakan. Listrik mati di berbagai daerah. Tidak ada pula air bersih, dan banyak yang terjebak di sana. "Belum lagi sekarang musim hukan, sehingga dikhawatirkan ada banyak penyakit yang mengintai mulai salah satunya seperti diare dan berbagai infeksi," kata Gigih yang mengatakan rumah sakit di sana saat ini berperan sebagai tempat posko pengungsi. 

Gigih pun mengapresiasi donasi yang diberikan oleh The Body Shop Indonesia. Gigih akan memastikan bahwa donasi ini dapat sampai ke tangan yang membutuhkan dengan cepat dan tepat. "Kami juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk terus memberikan dukungan kepada Palestina melalui The Body Shop, platform kami, atau saluran lainnya," katanya.

WeCare.id berkoordinasi dengan berbagai lembaga dan institusi terkait seperti Baznas, Dompet Dhuafa, Mer-C, dan juga Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dari berbagai pihak, seperti di antaranya dari The Body Shop Indonesia. Bantuan-bantuan ini akan disalurkan utamanya dalam bentuk kebutuhan makanan, kesehatan, sanitasi, pakaian, selimut, obat-obatan, dan bantuan kemanusiaan lainnya. 

Content Creator Nessie Judge turut menyampaikan sikapnya terhadap konflik yang terjadi di Palestina. Ia mengingatkan bahwa konflik antara Israel dan Palestina, bukan konflik agama. Ini tentang tindakan dan serangan dari Israel yang telah terjadi sejak lebih dari 7 dekade lamanya." Sudah seharusnya satu dunia ini menjerit, karena tidak masuk akal untuk kita mendukung penjajahan. Saya menghimbau kepada kita semua untuk terus memberikan dukungan dan semangat kepada saudara-saudara kita di Palestina, karena suara kita bisa menjadi sumber kekuatan mereka,” katanya.

The Body Shop Ikut Dukung Kemanusiaan

Suzy mengatakan The Body Shop Indonesia berharap adanya gencatan senjata dalam waktu dekat.  Suzy pun mengatakan The Body Shop sudah lama berpisah dari L'oreal sejak 2017. Secara internasional, brand The Body Shop resmi dijual kepada perusahaan kosmetik asal Brazil, Natura Cosmeticos. "Kami berdiri teguh untuk kemanusiaan," kata Suzy. 

Suzy pun menyebutkan bahwa sempat ada brand make up yang namanya mirip dengan Body Shop di Israel. Namun Suzy mengatakan brand itu bukan brand dari jaringan The Body Shop secara internasional. "Itu warna brandnya putih, dan logonya berbeda. Jadi itu brand yang berbeda, istilahnya KW nya. Dia juga tidak ada 'The'," kata Suzy.

Pilihan Editor: The Body Shop Indonesia Kampanye Mendesak Pengesahan RUU PKS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."